TNI AD-Kemendagri Sepakat Bentuk Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Kamis, 18 Juli 2019 - 13:29 WIB
TNI AD-Kemendagri Sepakat Bentuk Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan
TNI AD-Kemendagri Sepakat Bentuk Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan
A A A
JAKARTA - Untuk memperkuat ketahanan nasional, TNI Angkatan Darat (AD) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sepakat membentuk Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) dari tingkat pusat hingga daerah.

Hal tersebut disampaikan Parwira Pembantu Utama (Paban) IV/Komsos Sterad, Kolonel Inf Jimmy Ramoz Manalu dalam rilisnya, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Menurut Jimmy, tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut untuk membantu lembaga fungsional pemerintah bersama TNI AD dalam membina kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan bela negara.

"Selain itu, sebagai bahan masukan bagi lembaga fungsional pemerintah dalam menyiapkan dan menyusun kekuatan pertahanan wilayah serta menumbuhkan keterpaduan penyusunanan rencana dan struktur pertahanan nasional di daerah," tuturnya.

Dia mengatakan, acara yang berlangsung pada Selasa 16 Juli 2019 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat itu juga dihadiri Kepala Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Kasahli KSAD) Mayjen TNI Arif Susilo dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Pada akhir kegiatan disetujui adanya kesepakatan melalui perjanjian kerja sama (PKS) antara Kemendagri dengan TNI AD tentang mengoptimalkan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) sampai tingkat daerah," tuturnya.

Kasahli KSAD Mayjen TNI Arif Susilo dalam sambutannya berharap dalam membangun sinergitas pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional berpedoman pada prinsip integrasi.

"Integrasi harus dipedomani sebagai kata kunci dalam keberhasilan pada pelaksanaan kegiatan ini. Seluruh komponen bangsa harus saling bahu membahu dan bersatu padu dalam mewujudkannya. Hakikatnya akan diarahkan untuk mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang (RAK) yang tangguh," tuturnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan pembinaan idelologi, wawasan kebangsaan dan karakter belum optimal, baik pada tingkat pusat maupun daerah.

"Saat ini pemerintah telah melakukan berbagai penerbitan kebijakan terkait dengan pembinaan Ideologi, karakter dan wawasan kebangsaan, termasuk pembentukan PPWK," kata Tjahjo.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6352 seconds (0.1#10.140)