Milad ke-7, HNI Bertekad Majukan Produk Halal Lokal

Selasa, 09 Juli 2019 - 21:02 WIB
Milad ke-7, HNI Bertekad...
Milad ke-7, HNI Bertekad Majukan Produk Halal Lokal
A A A
JAKARTA - Produk halal buatan dalam negeri yang selama ini terkesan terpinggirkan dari perhatian pemerintah, kini bertekad menguasai pasar domestik dan internasional.

Hal ini terungkap dalam acara ulang tahun (milad) ke-7 Halal Network International (HNI), di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (07/07/2019).

Menurut Direktur Utama HNI, Agung Yulianto, produk-produk halal lokal tidak kalah kualitasnya dengan produk impor. "Untuk itu, kami berusaha menjembatani para pengusaha UMKM produk halal dengan aktif memasarkan hasil produksi mereka baik melalui jaringan online ataupun offline," jelasnya.

Untuk merealisasikan dan mensukseskan langkah tersebut, sejauh ini HNI telah memiliki jaringan pemasaran di seluruh wilayah Indonesia dan sejumlah negara-negara lain.

"Kami memiliki hampir 130 ribu jaringan Halal Mart aktif yang memasarkan produk-produk halal buatan Indonesia. Di samping itu kami juga telah memilik market place online melalui HNI.id." terang Agung.

Agung menuturkan lewat langkah-langkah tersebut, dirinya berharap, produk-produk halal lokal dapat memberikan kontribusi sumbangan devisa bagi negara. “Selain itu, kami juga berharap, akan tumbuh para pengusaha-pengusaha baru di bidang produk halal di Indonesia," ujarnya.

Dengan tumbuh dan berkembangnya pengusaha lokal di bidang produk halal, Agung juga berharap, hal ini akan menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang.

"Langkah ini tentu akan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah di negeri sendiri,” tandas Agung.

Di sisi lain, presenter kondang, Arie Untung sangat mendukung gagasan ini, terutama emak-emak yang menjadi Duta Pemasaran Produk Halal Lokal.

"Jika selama ini pemasaran produk halal lokal dianggap kaku dan menyasar segmentasi terbatas, kini kesan tersebut justru sebaliknya, produk halal menjadi trend tersendiri di tengah masyarakat," ucapnya di tempat yang sama.

Hal ini menurut Arie Untung, berkat peran emak-emak yang ikut mempopulerkan produk halal. "Kita bisa lihat sendiri sekarang, emak-emak justru menjadi pelopor utama dalam memasarkan produk-produk halal. Apakah yang sifatnya pakaian seperti busana syari, makanan, ataupun obat-obatan," terang Arie.

Untuk itu, Arie sangat mendukung sekali pemberdayaan para emak-emak, terutama melalui jaringan HNI dalam memasarkan produk halal lokal. "Emak-emak dengan segala kesibukannya mengurus anak-anak, justru akan mempunyai peran besar memasarkan produk halal lokal ketika dipercaya untuk itu," ucapnya.

Arie optimistis ke depannya produk halal lokal semakin dipercaya di dalam negeri dan menguasai pasar internasional. "Jika kita terus fokus memasarkan produk halal lokal, saya yakin Indonesia dapat menguasai jejaring pasar internasional dalam hal produk halal," tuturnya.

Menurut Arie, semakin ke sini, tren produk halal semakin diminati di tengah masyarakat. "Ketika semakin banyak orang yang hijrah, maka secara otomatis akan semakin banyak orang yang sadar untuk mencari dan mengkonsumsi produk-produk halal," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)