Penunjukan Menteri Muda Tunggu Nomenklatur dari Jokowi

Sabtu, 06 Juli 2019 - 16:13 WIB
Penunjukan Menteri Muda Tunggu Nomenklatur dari Jokowi
Penunjukan Menteri Muda Tunggu Nomenklatur dari Jokowi
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menganggap, peluang anak muda mengisi jabatan menteri kabinet pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin sangat terbuka lebar. Terlebih Presiden terpilih, Jokowi pernah menjanjikan menteri muda tersebut.

Pangi menduga, keinginan Jokowi memilih menteri dari kelompok anak muda dan milenial terinspirasi dengan menteri muda dan olahraga yang dimiliki negara Malaysia.

"Jadi yang kita tunggu adalah apakah ada nomenklatur baru yang dipercayakan untuk pemuda. Tapi anak muda ini tak sekedar usia tapi juga jaringan dan kepiawaian memahami, bisa mengikuti gaya kerja Pak Jokowi dan tau betul apa yang menjadi kebutuhan presiden. Karena periode kedua ini kejutan daya juangnya beda," ujar Pangi dalam diskusi Polemik MNC Trijaya FM di Menteng, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Bicara tentang bagi-bagi kursi menteri, kata dia, akan disesuaikan dengan perolehan suara partai. Jika melihat dari perolehan suara, PDI Perjuangan akan paling banyak mendapatkan jatah kursi, disusul Partai Golkar dan partai peraih suara terbanyak berikutnya.

Kendati begitu, dia meyakini Presiden Jokowi juga akan memperhitungkan partai koalisi yang memiliki kontribusi besar sehingga memengaruhi kemenangan Jokowi-Ma'ruf. "Cuma kisi-kisi nama-nama kejutan inikan Pak Jokowi enggak suka yang namanya muncul di media. Karena banyak dulu menteri dipilih di luar nama yang beredar," katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0036 seconds (0.1#10.140)