Kontestasi Pilpres 2019 Usai, PP ISNU: Saatnya Rekonsiliasi

Jum'at, 28 Juni 2019 - 14:11 WIB
Kontestasi Pilpres 2019 Usai, PP ISNU: Saatnya Rekonsiliasi
Kontestasi Pilpres 2019 Usai, PP ISNU: Saatnya Rekonsiliasi
A A A
JAKARTA - Kontestasi Pilpres 2019 berakhir sudah. Ini setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak seluruh gugatan pasangan Prabowo-Sandi.

Pascaputusan MK ini, Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PP ISNU) mendorong pihak-pihak yang selama ini bersaing dalam Pilpres segera melakukan rekonsiliasi. Rekonsiliasi tidak hanya di tingkat elite politik, namun juga dilakukan hingga ke lapisan masyarakat paling bawah.

“Kita dukung Jokowi-Ma'ruf, kita kritisi sekaligus memberikan masukan terbaik untuk kepentingan bangsa," kata Ketua PP ISNU Ali Masykur Musa dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (28/6/2019).

Ali yakin rekonsiliasi segera terjadi dalam waktu dekat. Apalagi antara Jokowi dan Prabowo selama ini tak pernah memiliki jarak psikologis yang ekstrem. Bahkan, sebelum pilpres, mereka kerap mengumbar kemesraan.

Jokowi dengan penuh hangat pernah mengundang Prabowo makan nasi goreng di Istana Negara. Begitu pula Prabowo, mengajak Jokowi naik kuda bareng di Hambalang. Begitu juga saat acara Asian Games 2018, Jokowi dan Prabowo bahkan berpelukan.

Terkait putusan sengketa Pilpres 2019, Ali menegaskan, rekam jejak hakim konstitusi telah teruji. Selain itu, sidang berlangsung secara transparan. Dengan demikian, apapun hasilnya, keputusan hakim konstitusi mengikat dan harus diterima semua pihak.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1855 seconds (0.1#10.140)