Cendekiawan Muda Muhammadiyah UMM Serukan Persatuan Bangsa

Senin, 20 Mei 2019 - 16:13 WIB
Cendekiawan Muda Muhammadiyah UMM Serukan Persatuan Bangsa
Cendekiawan Muda Muhammadiyah UMM Serukan Persatuan Bangsa
A A A
MALANG - Sejumlah akademisi muda Universitàs Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Seruan Kebangsaan di UMM Dome, Senin (20/5/2019). Mereka tergabung dalam Cendekiawan Muda Muhammadiyah (CMM) UMM yang prihatin kondisi terkini.

Juru bicara CMM UMM Pradana Boy menyatakan, pihaknya prihatin atas gejala politik saat ini. Muncul kecenderungan bahwa lembaga-lembaga negara tak lagi dihormati dan bahkan dianggap sebagai bagian dari konspirasi jahat menghancurkan bangsa.

Kondisi ini disebabkan berubahnya pola masyarakat dalam mencerna informasi sebagai dampak dari keterbukaan yang berlebihan. Kebenaran faktual tidak lagi merupakan kebenaran sejati. Sebaliknya, kebenaran telah digantikan dengan pembenaran atas opini, propaganda, pandangan, analisis, atau berita bohong.

Menurutnya, agama dan tokoh agama bisa memainkan peran dalam meminimalisir konflik, ketegangan dan fragmentasi yang melanda bangsa ini.

"Sayangnya, tidak sedikit tokoh agama yang menjadi bagian dari pusaran konflik dan alih-alih menjadi kekuatan perekat, justru sering mengajak masyarakat untuk menyelesaikan masalah dengan cara-cara yang tidak agamis," ujar Pradana Boy dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Senin (20/5/2019).

Seruan Kebangsaan ini mengajak kepada publik untuk menghormati setiap proses demokrasi, memandangnya sebagai mekanisme rutin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan tidak menjadikannya sebagai pemicu fragmentasi dan konflik antaranak bangsa. Selain itu juga mengajak para tokoh masyarakat dan pemimpin agama untuk menjadi perekat umat, penyejuk situasi dan peredam ketegangan.

"Kami juga mendukung pemerintahan sah saat ini untuk bersikap tegas dan kuat dalam menghadapi setiap upaya memecah belah bangsa," katanya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8865 seconds (0.1#10.140)