Waspadai Serangan Fajar, Bawaslu Gelar Patroli Jelang Pemilu

Senin, 08 April 2019 - 17:05 WIB
Waspadai Serangan Fajar, Bawaslu Gelar Patroli Jelang Pemilu
Waspadai Serangan Fajar, Bawaslu Gelar Patroli Jelang Pemilu
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran pemilu selama masa kampanye umum dan terbuka.

Salah satunya dengan memperkuat fungsi pencegahan."Artinya kami mengikuti terus perkembangan di lapangan supaya gangguan kegiatan kampanye umum itu tidak terjadi," kata Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo saat dikonfirmasi, Senin (8/4/2019).

Kepada para peserta pemilu dan tim pendukung, Ratna meminta agar mematuhi seluruh aturan kampanye. Dia berharap peserta mematuhi mana yang dilarang dan mana yang dibolehkan.

Dalam hal ini, lanjut Ratna, titik tekan yang dilakukan lembaganya lebih kepada pencegahan. Sebab, pencegahan perlu dilakukan mengingat kampanye melibatkan massa sangat besar. Sementara kemampuan Bawaslu untuk mengawasi setiap dugaan pelanggaran dalam kampanye terbatas.

Dia menjamin setiap ada temuan dan dugaan pelanggaran kampanye akan ditindaklanjuti oleh masing-masing Bawaslu sesuai tingkat pelanggarannya.

"Ke depan ini terutama hari tenang memastikan tidak ada kampanye, APK (alat peraga kampanye) di seluruh ruang publik itu dibersihkan, kemudian tidak ada politik uang. Jadi nanti bawaslu ada patroli," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6975 seconds (0.1#10.140)