Sasar Milenial, Buku Sanditrack Diluncurkan

Sabtu, 06 April 2019 - 21:13 WIB
Sasar Milenial, Buku Sanditrack Diluncurkan
Sasar Milenial, Buku Sanditrack Diluncurkan
A A A
JAKARTA - Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, buku Sanditrack diluncurkan. Ditulis oleh dr Chairil Anwar, Sp.An, dokter sekaligus pengusaha yang menaruh minat pada pengkajian pembangunan ekonomi ala Sandiaga Uno.

"Buku ini saya tulis sebagai apresiasi dan pengkayaan pemikiran pembangunan negeri berbasis ekonomi ala Sandi," katanya di Hotel Sofyan Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2019).

Dikatakan lebih lanjut, buku Sanditrack diluncurkan sebagai bacaan generasi milenial untuk bisa mandiri di tengah persaingan dan tantangan hidup yang semakin keras.

Seperti data Proyeksi Penduduk dari Badan Pusat Statistik (BPS), mereka yang berusia 20-34 tahun dikelompokkan dalam generasi milenial. Laporan menjelaskan kelompok usia itu akan menyumbang 23,95 persen dari total populasi Indonesia 2018. Pada 2018, BPS memproyeksi jumlah penduduk Indonesia mencapai 265 juta jiwa.

Buku ini bukan berisi tentang sepak terjang politik Sandi, melainkan sebuah sumbangsih pemikiran penulisnya sebagai anak bangsa, terkait beragam masalah yang dihadapi generasi muda. Solusi yang ditawarkan, bukan lagi menganggap milenial sebagai obyek pembangunan, tetapi sebagai subyek pembangunan. Menempatkan mereka sebagai ujung tombak penggerak ekonomi bangsa.

Sebanyak 17 masalah bangsa dibahas tuntas dalam buku ini. Dirumuskan 8 program yang bisa dijalankan dan dijelaskan 45 solusi riil atas beragam masalah bangsa itu dalam perspektif milenial.

Mengomentari isi buku, Budayawan Betawi, Syamsudin C.H Haesy menilai Sanditrack cocok jadi tumpuan harapan sekaligus mengubah mindset (pola pikir) tentang bagaimana pembangunan mesti dijalankan.

"Kita memerlukan pemimpin yang mampu membalik kemiskinan, bukan mengentaskan kemiskinan. Karena kalau itu yang dilakukan, sama saja dengan mengembangbiakkan kemiskinan," tuturnya.

Sementara, Iim Rusyamsi, Ketua Umum Gerakan OK-OCE yang juga hadir dalam bedah buku memberikan sambutan positif atas penerbitan buku ini.

"Saya senang buku ini bisa terbit sebagai masukan Bang Sandi, khususnya gerakan OK-OCE agar lebih maju lagi," ungkapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6948 seconds (0.1#10.140)