Serikat Pekerja Nasional Nyatakan Dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf

Kamis, 04 April 2019 - 20:36 WIB
Serikat Pekerja Nasional...
Serikat Pekerja Nasional Nyatakan Dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf
A A A
JAKARTA - Jelang Pilpres 2019, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Serikat Pekerja Nasional (SPN) yang merupakan federasi di bawah Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan dukungan kepada pasangan Jokowi-Maruf Amin pada Pilpres 2019 mendatang.

SPN diklaim memiliki anggota terbanyak di antara anggota KSPI. SPN memiliki basis di 15 provinsi dengan anggota 341.868 pekerja.

Ketua Bidang Politik Puji Santoso memastikan dukungan SPN bakal berpengaruh besar dan ia menyakini arus yang berada di bawah sangat banyak yang mendukung paslon nomor urut 01 tersebut.

"Saya berani sampaikan, ini pasti akan berpengaruh besar. Kalau pun terbelah image ada di pasangan 02, tetapi fakta di lapangan tidak seperti itu. Memang framing buruh ada di pasangan 02 itu sangat ampuh akan tetapi itu tidak sampai di bawah. Justru di bawah masih sangat banyak yang mendukung Pak Jokowi," ujar Puji saat jumpa pers di Media Center Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin Jalan Cemara Menteng Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPP SPN Djoko Heriyono bersama sejumlah pengurus lainnya sempat menyinggung dukungan KSPI kepada pasangan Prabowo-Sandi. Dukungan itu, kata dia, tidak mewakili kepentingan kelembagaan federasi, khususnya federasi SPN.

"SPN merasa hanya dijadikan komoditas politik semata tanpa mempertimbangkan realitas dan nilai-nilai perjuangan buruh, yang kemudian membuat kedaulatan federasi menjadi tergerus," jelasnya.

Dukungan yang diberikan ini sebagai bentuk perjuangan politik demi memperkuat posisi tawar kaum buruh ke dalam berbagai agenda pembangunan yang diusung Jokowi-Ma'ruf di masa yang akan datang.

"Kami percaya akan lebih mampu menjadi penyambung kepentingan kaum buruh untuk mewujudkan kesejahteraan warga negara dan keadilan sosial," sebutnya.

Lebih jauh, Djoko menyampaikan dukungan diberikan kepada pasangan 01 karena dinilai memiliki visi yang lebih pro buruh karena dan berkomitmen meletakkan pondasi pembangunan nasional melalui penguatan sumber daya manusia, termasuk kualitas pekerja.

"Selain itu, realitas di bawah menunjukkan sebagian besar kader-kader SPN yang berpartisipasi dalam pemilu legislatif tersebar ke dalam parpol-parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)