Disiapkan, Petunjuk Teknis Netralitas TNI di Pemilu 2019

Rabu, 06 Februari 2019 - 16:42 WIB
Disiapkan, Petunjuk Teknis Netralitas TNI di Pemilu 2019
Disiapkan, Petunjuk Teknis Netralitas TNI di Pemilu 2019
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Sisriadi mengatakan dalam roadshow Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian selalu mengampanyekan netralitas TNI-Polri dalam pemilihan umum 2019.

Hal tersebut ditegaskannya sebagai bentuk konkret TNI untuk tetap menjaga netralitasnya. "Langkah nyata yang sudah keliatan adalah roadshow yang dilakukan Panglima TNI dan Kapolri. Setiap kali beliau datang kemana, beliau akan sampaikan secara terbuka tentang komitmen TNI dan Polri. Jadi tidak TNI sendiri, Polri sendiri," kata Sisriadi di Balai Media TNI, Salemba, Jakarta Pusat pada Rabu (6/2/2019).

Dia menjelaskan, secara struktural TNI juga telah mempersiapkan petunjuk teknis berisi panduan untuk bersikap netral dalam Pemilu 2019."Itu untuk menegaskan kepada prajurit di lapangan artinya tidak hanya pimpinan TNI saja yang ngomong saya netral tapi tidak ada petunjuk teknisnya untuk berlaku netral seperti apa. Sekarang mereka sudah buat," jelas Sisriadi.

Sisriadi pun mengungkapkan bentuk petunjuk teknis tersebut dibuat berbagai bentuk sesuai dengan dinamika di jajarannya. Seperti buku saku, telegram, sampai komik.

"Tidak semua bentuknya buku saku tapi ada yang telegram, sampai ada yang di Kodam-Kodam itu bentuknya kayak komik. Jadi parjurit-prajurit TNI itu mudah," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6008 seconds (0.1#10.140)