Merpati Putih Seskoal Terima 142 Anggota Kolat Perwira Mahasiswa

Minggu, 27 Januari 2019 - 05:14 WIB
Merpati Putih Seskoal Terima 142 Anggota Kolat Perwira Mahasiswa
Merpati Putih Seskoal Terima 142 Anggota Kolat Perwira Mahasiswa
A A A
JAKARTA - Bentuk kepribadian yang luhur dan patriotis, Merpati Putih Cabang Khusus Dharma Wiratama Seskoal menerima dan melatih 142 anggota Kolat Perwira Mahasiswa.

Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Amarulla Octavian, sebagai Pembina Merpati Putih Cabang Khusus Dharma Wiratama Seskoal bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Penerimaan dan Pengukuhan anggota baru Kolat Perwira Mahasiswa (Pasis) Merpati Putih Cabang Khusus Dharma Wiratama Seskoal, di GOR M Romli Seskoal, Jakarta Selatan, Sabtu (26/1/2019).

Komandan Seskoal dalam sambutannya mengatakan olahraga bela diri pencak silat Merpati Putih ini diharapkan dapat menempa kepribadian para anggotanya agar berwatak dan berkepribadian luhur, berbudi, patriotis dan penuh semangat juang.

"Merpati Putih tidak hanya mengajarkan ilmu bela diri yang hanya mengandalkan kekuatan fisik semata, namun juga mengajarkan berbagai gerakan olah tubuh dan olah nafas yang dapat menimbulkan efek positif bagi jiwa dan raga para Pasis seperti munculnya rasa tenang, meningkatnya konsentrasi belajar, dan meningkatkan stamina," katanya.

Sejak 2018 Seskoal sebagai Lembaga Pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI AL mendidik para Perwira Menengah agar memiliki keilmuan secara akademik dan juga ketangkasan prajurit. Para Pasis tidak saja dituntut memiliki karakter prajurit Sapta Marga dan mendalami ilmu ke-Angkatan Laut-an, tetapi juga dituntut memiliki fisik yang prima sebagai prajurit. Kurikulum TA. 2019 juga meliputi kegiatan ekstrakurikuler olahraga bela diri melalui pelatihan Pencak Silat Merpati Putih.

Penerimaan anggota baru ditandai dengan penyematan sabuk putih oleh Pembina Merpati Putih Cabang Khusus Dharma Wiratama Seskoal sebagai tanda diterimanya para Perwira Mahasiswa menjadi keluarga besar dari perguruan Pencak Silat Cabang Khusus Dharma Wiratama Seskoal dengan diawali penampilan demo jurus, patahan (kekuatan) dan getaran.

"Target latihan ini para Pasis dapat menjadi pendekar Merpati Putih dan nantinya dapat mengembangkan bela diri tersebut di satuan kerja masing-masing kelak setelah lulus pendidikan," ujarnya.

Hadir pada upacara tersebut Seklem Seskoal Kolonel Laut (S) Hardiko, para Pejabat Utama Seskoal, Pewaris Merpati Putih Bapak Amos dan Bapak Herni, Ketua Umum Pengurus Pusat Merpati Putih, Dewan Guru Merpati Putih, dan sebagainya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4244 seconds (0.1#10.140)