Presiden Jokowi Diminta Evaluasi Kinerja Menteri Perdagangan

Sabtu, 26 Januari 2019 - 15:19 WIB
Presiden Jokowi Diminta Evaluasi Kinerja Menteri Perdagangan
Presiden Jokowi Diminta Evaluasi Kinerja Menteri Perdagangan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk mengevaluasi kinerja Menteri Perdagagang (Mendag) Enggartiasto Lukito.

Enggartiasto dinilai kerap mengambil kebijakan yang kontraproduktif. Salah satunya melakukan impor beras di saat petani sedang panen dan stok masih tersedia.

"Hal ini dapat merugikan para petani akibat kebijakan impor yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan. Indonesia adalah negara Agraris Tapi faktanya, Indonesia malah impor. Selain impor beras mendag juga mengimpor gula secara besar-besaran hal ini merugikan petani gula lokal, " Billy Al Kautsari dari Komite Mahasiswa Nasional Indonesia dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/12/2019).

Dia juga mengkritik kebijakan impor gula yang dinilainya telah merugikan petani gula lokal. "Indonesia adalah negara Agraris Tapi faktanya, Indonesia malah impor. Selain impor beras mendag juga mengimpor gula secara besar-besaran hal ini merugikan petani gula lokal," katanya.

Enggartiasto juga dikritik atasp pernyataannya yang kerap menimbulkan kontroversial. "Seperti ucapanya bahwa gula lokal memiliki kualitas jelek hal ini di ucapkan ketika kunjungan di garut, padahal gula lokal memiliki kualitas bagus yang dapat bersaing dengan negara lain," tuturnya.

Dalam pernyataannya, Komite Mahasiswa Nasional Indonesia juga meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menindak lanjuti laporan ekonom Rizal Ramli mengenai dugaan korupsi terkait impor pangan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)