Istana Sebut Pelantikan Kepala BNPB Ditunda

Selasa, 01 Januari 2019 - 22:49 WIB
Istana Sebut Pelantikan Kepala BNPB Ditunda
Istana Sebut Pelantikan Kepala BNPB Ditunda
A A A
JAKARTA - Pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru yang akan menggantikan Laksamana Muda Willem Rampangilei ditunda. Hal ini disampaikan langsung oleh Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi kepada SINDOnews.

"Mohon maaf pelantikan Kepala BNPB tidak jadi besok, ditunda. Barusan Mensesneg memberi tahu soal penundaan pelantikan kepala BNPB yang baru," ujar Johan saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (1/1/2019).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Ketua BNPB Baru di Istana Negara pada Rabu 2 Januari 2019. Wilem akan digantikan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Letjen TNI Doni Monardo.

Terkait penundaan pelantikan, saat dikonfirmasi Johan menjelaskan bahwa Presiden Jokowi memiliki agenda kunjungan ke Lampung. "Pak presiden mendadak ke Lampung," kata Johan.

Senada dengan Johan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pun mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan melakukan pelantikan pada siapa pun pada esok hari.

"Menginfokan. Besok tidak ada pelantikan ya. Maaf jika sudah dengar ada pelantikan," kata Pratikno melalui Group WhatsApp para menteri dengan wartawan Istana, Selasa (1/1/2019).

Diketahui, Jabatan kepala BNPB adalah setingkat menteri sehingga pemberhentian dan pengangkatan Kepala BNPB adalah kewenangan Presiden. Kepala BNPB langsung bertanggung jawab kepada Presiden.

Fungsi BNPB sangat strategis karena BNPB memiliki fungsi koordinasi, komando dan pelaksana dalam penanggulangan bencana, baik tahap pra bencana, tanggap darurat dan pascabencana. Itu semua diatur dalam UU No 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana dan PP No 21/2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5746 seconds (0.1#10.140)