Tsunami Selat Sunda, BNPB: Belum Ada Perintah Terima Bantuan Asing

Selasa, 25 Desember 2018 - 19:36 WIB
Tsunami Selat Sunda, BNPB: Belum Ada Perintah Terima Bantuan Asing
Tsunami Selat Sunda, BNPB: Belum Ada Perintah Terima Bantuan Asing
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia belum membuka peluang untuk menerima tawaran negara lain yang ingin membantu penanganan korban bencana tsunami di Banten dan Lampung Selatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengakui beberapa negara sudah menawarkan bantuan untuk ikut menangani korban bencana.Salah satunya tawaran bantuan dari Australia. "Ada beberapa negara yang menawarkan memberikan bantuan contohnya Australia. Tetapi sampai saat ini belum ada perintah dari Bapak Presiden untuk menerima bantuan internasional," tutur Sutopo saat menggelar jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (25/12/2018).
Menurut dia, dampak bencana tsunami belum bisa dikategorikan sebagai bencana nasional. BNPB dan tim gabungan masib sanggup melakukan penanaganan di lokasi terdampak tsunami.

Kendati demikian jika nanti Presiden memerintahkan Menteri Luar Negeri menerima bantuan internasional, BNPB segera melakukan koordinasi dengan pemerintah.

"Menteri Luar Negeri akan berkoordinasi dengan BNPB untuk mengatur bagaimana mekanisme bantuan internasional. Tapi sampai saat ini belum perintah dari Presiden untuk menerima bantuan dari internasional," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7045 seconds (0.1#10.140)