TKN Jokowi-Ma'ruf Turut Berduka Atas Musibah Tsunami Banten

Minggu, 23 Desember 2018 - 12:46 WIB
TKN Jokowi-Maruf Turut Berduka Atas Musibah Tsunami Banten
TKN Jokowi-Ma'ruf Turut Berduka Atas Musibah Tsunami Banten
A A A
JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan nomor urut 01 Jokowi-KH Ma'ruf Amin menyampaikan duka mendalam atas musibah Tsunami di Selat Sunda, Banten dan Lampung malam tadi.

"Kami turut menyampaikan duka mendalam dan prihatin atas banyaknya korban tsunami yang menerjang daerah pantai di seputaran Selat Sunda, Anyer Kab Serang; Pantai Carita, Labuan, Panimbang, Tanjung Lesung, Sumur di Kabupaten Pandeglang dan di Lampung Selatan," kata Jubir TKN, Ace Hasan Syadzily dalam pers rilisnya, Minggu (23/12/2018).

Politikus Partai Golkar ini meminta pemerintah di bawah koordinasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) bersama dengan Kementerian terkait dan lembaga-lembaga seperti Basarnas, TNI dan Polri, juga Pemerintahan Daerah dan BPBD Kabupaten Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Pertama, kata Ace, melakukan pencarian korban akibat tsunami. Kedua, mengidentifikasi titik parah akibat runtuhan gedung atau rumah serta pinggiran pantai akibat tsunami. Ketiga, segera mengevakuasi masyarakat ke titik aman. Keempat, memastikan ke tempat evakuasi dengan ketersediaan kebutuhan dasar seperti makanan dan minuman serta obat-obatan. Kelima, memperbaiki jaringan komunikasi telepon agar proses koordinasi bisa berjalan dengan baik.

"Memastikan bantuan medis dan penanganan kesehatan agar korban-korban segera dapat ditangani dengan cepat dan dipastikan RS darurat sementara di tempat yang aman dan terhindar dari reruntuhan," ucap anggota Komisi III DPR ini.

Ace mengimbau masyarakat di daerah terdampak bencana untuk tetap tenang dan mengungsi di tempat-tempat aman yang jauh dari kemungkinan kembali terjadinya kembali bencana serupa serta menunggu keterangan resmi Pemerintah untuk memastikan betul-betul aman.

"Menghimbau kepada masyarakat untuk memberikan bantuan yang diperlukan bagi masyarakat terkena dampak bencana dan disalurkan melalui lembaga pemerintah atau organisasi kemanusiaan yang kreadibilitasnya diakui," ujarnya

Ace juga mendoakan masyarakat mendapat perlindungan Tuhan. "Semoga Allah SWT melindungi saudara-saudara kita yang terdampak bencana di Banten dan Lampung. Amiin ya rabbal alamin," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8807 seconds (0.1#10.140)
pixels