Bela UMKM, Bupati Batang Kedepankan One Vilage One Product

Selasa, 30 Oktober 2018 - 11:04 WIB
Bela UMKM, Bupati Batang Kedepankan One Vilage One Product
Bela UMKM, Bupati Batang Kedepankan One Vilage One Product
A A A
JAKARTA - Koran SINDO dan SINDOnews.com kembali berkomitmen untuk ambil bagian dalam mencetak para pemimpin bangsa yang visioner dengan menghadirkan program Indonesia Visionary Leader (IVL) season 3, setelah sebelumnya sukses menyelanggarakan di season 1 dan 2.

Program Indonesia Visionary Leader 3 yang digelar pada 30-31 Oktober 2018 ini merupakan ajang bagi para pemimpin daerah untuk membuktikan kekuatan visi kepemimpinan.

Salah satu kepala daerah yang ikut andil adalah Bupati Batang H Wihaji. Dalam persentasinya capaian visi misi selama 1,5 tahun melalui program prioritas, Wihaji mengedepankan One Vilage One Product (OVOP) bagi para warganya.

"Kabupaten Batang masuk dalam gerakan 50 smart city dan mendapat pendampingan dari Kementrian Kominfo," ujar Wihaji dalam acara Indonesia Visionary Leader Season 3, di Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Wihaji menjelaskan OVOP dicanangkan untuk membangun masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing. Diantaranya melalui kerjasama antara Pemkab Batang dan Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dengan bantuan bibit sejumlah 35 ribu bibit jeruk.

"Lalu kita juga mengoptimalisasikan produk-produk ekonomi kreatif, serta peningkatan kualitas produk dan pemasaran produk UMKM melalui Teras Kreasi," jelas Wihaji.

Selain itu, penting juga, kata Wihaji, pemanfaatan Rest Area yang terintegrasi dengan kegiatan wisata di Kabupaten Batang sehingga dapat lebih meningkatkan pendapatan sekitar.

"Kita punya batik, punya emping yang termasuk hasil dalam One Vilage One Product. Makanya saya menolak rest area yang tidak melibatkan UMKM," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6074 seconds (0.1#10.140)