Pilkada DKI dan Sumatera Bisa Jadi Batu Sandungan Jokowi

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:31 WIB
Pilkada DKI dan Sumatera Bisa Jadi Batu Sandungan Jokowi
Pilkada DKI dan Sumatera Bisa Jadi Batu Sandungan Jokowi
A A A
JAKARTA - Sejumlah nama disebut-sebut berpeluang bakal menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Salah satu nama itu adalah Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Menteri Perindustrian ini dinilai punya kelebihan dari sejumlah nama lainnya, yakni dia seorang teknokrat.

"Airlangga adalah teknorat yang mau mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara dengan menjunjung spirit nasionalisme," kata Ketua Presidium Poros Muda Indonesia Timur (PPMIT), Syamsul Rizal, Minggu (22/7/2018).

"Airlangga bukan dari kelompok ideologi keagamaan. Walau kita tahu Airlangga beragama Islam. Dia juga bukan dari kelompok ideologi sosialis kiri atau kanan, atau militer," tambah Syamsul.

Menurut Syamsul, dalam pemilihan bakal cawapres, Jokowi harus cermat dan hati-hati. Pasalnya, hasil dari sejumlah pilkada seperti di DKI dan beberapa pilkada di Pulau Jawa dan Sumatra patut dijadikan rujukan.

"Dinamika sosial politik masyarakat yang telah bergeser jauh saat ini jangan dianggap enteng. Contohnya DKI, kurang apa kekuatan Ahok dari sisi finansial, media, bahkan terkesan ada campur tangan kekuasaan tetap saja kalah," ungkapnya.

"Artinya, rakyat Indonesia makin cerdas bahwa uang politik bukan segala-galanya, intervensi kekuasaan dapat dihancurkan dengan kekuatan solidaritas kesamaan misi dalam perjuangan," tuturnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, pasangan Jokowi dan Airlangga dinilai cocok. "Karena secara politik, dua figur ini telah merepresentatif semua kalangan di negara ini, baik kalangan nasionalis, agama maupun sosialis," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9131 seconds (0.1#10.140)
pixels