Koarmada I Kerahkan 3 Kapal Perang Bantu Pengamanan Lebaran

Senin, 11 Juni 2018 - 22:36 WIB
Koarmada I Kerahkan 3 Kapal Perang Bantu Pengamanan Lebaran
Koarmada I Kerahkan 3 Kapal Perang Bantu Pengamanan Lebaran
A A A
JAKARTA - Komando Armada (Koarmada) I mengerahkan tiga kapal perang untuk mengamankan jalur mudik di Selat Sunda. Pengamanan tersebut untuk menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran 2018.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, mengatakan, dalam rangka Pengamanan Laut Arus Mudik Lebaran 2018 di Banten, Koarmada I telah menyiagakan unsur-unsurnya.

"Semua pangkalan-pangkalan terlibat aktif dalam pengamanan Lebaran khususnya di perairan yang menjadi tanggung jawab Koarmada I serta di pelabuhan-pelabuhan wilayah barat, dengan melibatkan unsur-unsur KRI, unsur-unsur satuan kapal patroli Lantamal serta kapal-kapal patroli keamanan laut dari Lanal beserta prajuritnya," katanya, Senin (11/6/2018).

Untuk memastikan kesiapan jajarannya, pihaknya telah melaksanakan peninjauan situasi keamanan secara langsung. Khususnya di wilayah perairan Jakarta dan Banten yakni di Selat Sunda dan Merak dengan menggunakan KRI Torani-860.

"Koarmada I menyiagakan tiga unsur KRI yaitu KRI Teluk Cirebon-543, KRI Tenggiri-865, KRI Sikuda-863 dan KRI Torani-860 untuk pengamanan laut serta Kapal Angkatan Laut (KAL) Tamposo dan 3 unit Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dari Lanal Banten," ujarnya.

Menurut Yudo, situasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H merupakan waktu yang rawan dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan khususnya melalui laut. Untuk itu Koarmada 1akan terus meningkatkan pengawasan dan pengamanan jalur laut agar dapat mengantisipasi secara dini kemungkinan adanya tindak kejahatan di laut dengan memaksimalkan patroli laut secara berkesinambungan.

"Pengamanan ini bertujuan untuk menjamin kelancaran, keamanan, kenyamanan serta mengantisipasi terjadinya berbagai tindak kejahatan di laut seperti perompakan, illegal fishing, illegal logging, illegal entry, maupun aksi terorisme dalam arus mudik lebaran tahun 2018”, ungkapnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6583 seconds (0.1#10.140)