Kenali Cara Mudah Pembayaran PDAM

Senin, 28 Mei 2018 - 00:01 WIB
Kenali Cara Mudah Pembayaran PDAM
Kenali Cara Mudah Pembayaran PDAM
A A A
AIR bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang tanggung jawab penyediaannya berada di tangan pemerintah. Di Indonesia, pemerintah menunjuk PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sebagai badan yang memastikan pasokan air bersih untuk masyarakat di berbagai daerah bisa tersebar merata.

Agar dapat terus menggunakan layanan air bersih dari PDAM, masyarakat wajib membayar tagihan bulanan yang nilainya menyesuaikan pada pemakaian. Kini, membayar tagihan PDAM tidak harus melalui loket pembayaran di kantor PDAM.

Pasalnya, PDAM telah bekerja sama dengan banyak layanan agar pelanggan dapat melakukan pembayaran lebih mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan cara mudah membayar tagihan PDAM:

1. Melalui bank dan ATM
PDAM telah menunjuk beberapa bank besar di Tanah Air sebagai jaringan pembayaran resminya. Metode pembayaran melalui bank ini tersedia dalam 2 cara, yakni membayar tunai ke teller dan melalui mesin ATM.

Untuk pembayaran melalui mesin ATM, bisa dilakukan dengan memilih menu "Pembayaran", "Air/PDAM", lalu masukkan kode perusahaan air dan nomor pelanggan untuk dapat melihat tagihan Anda. Jika sudah benar, lanjutkan proses pembayaran sampai Anda mendapatkan tanda bukti pembayaran berhasil dari mesin ATM.

2. Bayar di minimarket
Beberapa minimarket di Tanah Air juga secara resmi terdaftar sebagai jaringan pembayaran PDAM. Pelanggan cukup mendatangi toko terdekat, lalu melakukan pembayaran di kasir atau pada mesin layanan mandiri yang disediakan.

Cara satu ini cocok untuk Anda yang sekalian ingin berbelanja. Namun, pembayaran di minimarket akan dikenakan biaya administrasi sehingga iuran yang dibayarkan akan sedikit lebih mahal.

3. Bayar di Kantor Pos
Pembayaran PDAM juga bisa Anda lakukan melalui loket pembayaran PDAM di Kantor Pos. Anda hanya perlu mendatangi Kantor Pos terdekat, lalu melakukan pembayaran di loket khusus yang tersedia. Pembayaran melalui Kantor Pos biasanya berbentuk transaksi tunai. Jadi, jangan lupa siapkan uang tunai sesampainya di sana.

4. Mobil layanan keliling PDAM
Mobil layanan keliling disediakan secara resmi oleh PDAM sebagai sistem jemput bola yang mendekati pelanggan, sehingga mereka lebih mudah membayar tagihan air setiap bulannya. Mobil pelayanan ini beroperasi pada waktu-waktu tertentu, sesuai jadwal yang ditetapkan.

Anda harus mengingat jadwal tersebut untuk memastikan layanan tersedia saat akan melakukan pembayaran PDAM. Mobil layanan keliling ini biasanya beroperasi di pusat keramaian, seperti kantor kelurahan, kantor RW, terminal, masjid, taman kota, atau pusat belanja.

5. Melalui layanan online
Pembayaran PDAM via agen online merupakan cara termudah bagi pengguna saat ini. Untuk melakukan pembayaran, pengguna hanya perlu membuka situs penyedia layanan pembayaran PDAM yang berupa situs website atau aplikasi di smartphone. Cara ini sangat praktis karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Salah satu penyedia layanan pembayaran PDAM secara online adalah Traveloka. Melalui website ataupun aplikasinya, Anda dapat dengan mudah melakukan pembayaran melalui fitur Tagihan & Isi Ulang. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu PDAM dan melanjutkan pembayaran melalui transfer bank ataupun melalui saldo TravelokaPay.

Setelah mengetahui 5 cara pembayaran PDAM di atas, Anda tentu bisa menentukan pilihan cara mana yang sesuai bagi Anda untuk melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya. Namun, dengan gaya hidup saat ini, pembayaran melalui layanan online dapat dikatakan paling efektif karena hemat waktu, biaya, dan tenaga. Dengan kemudahannya, cara tersebut juga dapat menghindari Anda telat membayar tagihan setiap bulannya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8227 seconds (0.1#10.140)