Pimpin Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan, Ini Pesan Menkumham

Jum'at, 27 April 2018 - 14:48 WIB
Pimpin Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan, Ini Pesan Menkumham
Pimpin Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan, Ini Pesan Menkumham
A A A
JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly memimpin upacara Hari Banti Pemasyarakatan ke-54. Yasona mengingatkan kepada jajaran Pemasyarakatan untuk bekerja sebaik-baiknya.

"Tetap menumbuhkembangkan sikap aspiratif, transparan, responsif terhadap situasi dan perubahan, serta mampu menciptakan harmonisasi terhadap berbagai perbedaan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas," tutur Yasona saat memimpin upacara di Lapangan Kantor Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Acara diikuti oleh staf dan pegawai Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas), taruna dan taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Yasona juga mengingatkan salah satu upaya Ditjen Pemasyarakatan adalah memberikan yang terbaik untuk menjadi pelayan masyarakat yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Menurut dia, langkah tersebut sudah ditetapkan menjadi sebuah kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti mengunjungi keluarga, Pembebasan bersyarat, Cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat.

Yasona juga mengapresiasi pelaksanaan Indonesia Prison Art Festival (IPAfest) 2018 yang dinilainya telah mengubah pandangan negatif terhadap warga binaan menjadi positif, dan karyanya bisa dinikmati masyarakat.

Dalam acara itu, Menkumham memberikan penghargaan kepada unit pelaksana teknis (UPT) pemasyarakatan dalam kategori dapur bersih, balai pemasyarakatan pengelola sistem database pemasyarakatan terbaik, UPT Pemasyarakatan pelapor SMS Gateway teraktif, lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) terbaik, dan rumah penyimpanaan benda hasil rampasan (rupbasan) terbaik.

Selain itu diberikan pula penghargaan bagi petugas yang berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba dan berprestasi dalam ASEAN Prisons Track and Fieldd Championship (APTFC)serta penghargaan atas kontribusi pihak ketiga dalam kegiatan pembinaan dan penguatan Pemasyarakatan.

“Kepada petugas Pemasyarakatan yang baru saja menerima penghargaan, saya ucapkan selamat dan penghormatan setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih. Kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan, saya berpesan tetap semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, tunjukkan rasa cintamu terhadap bangsa dan negara ini dengan memberikan darma baktimu melalui pengabdian yang terbaik," tutur Yasonna.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7103 seconds (0.1#10.140)