Kemenag Bahas Manasik Doa Haji dan Umrah

Rabu, 21 Maret 2018 - 18:55 WIB
Kemenag Bahas Manasik Doa Haji dan Umrah
Kemenag Bahas Manasik Doa Haji dan Umrah
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama menggelar sidang pembahasan atau Bahtsul Masa'il Perhajian Masa Kini, di Jakarta.

Bahtsul Masa’il
dibuka Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Selasa (20/3/2018). Hadir dalam pembukaan, Direktur Bina Haji Khoirizi H Dasir dan Kasubdid Bina Jamaah Endang Jumali.

Kegiatan yang akan berlangsung tiga hari, yakni 20-23 Maret 2018 di Jakarta ini diikuti perwakilan ormas Islam, mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Persis. Hadir juga Forum Kelompok Bimbingan, Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah, serta perwakilan Bidang Haji Kanwil Kemenag Probinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Dirjen PHU, Nizar Ali mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap Bahtsul Masa’il ini menghasilkan rumusan strategis dan jawaban atas berbagai persoalan perhajian dan umrah masa kini.

"Ini sekaligus menyambung tali silaturahmi antara generasi pendahulu dengan generasi sekarang yang mungkin saja tidak begitu memahami filosofi perhajian yang sebenarnya, sekaligus dapat menjawab tantangan problematika dan dinamika perhajian akhir-akhit ini,” kata Nizar Ali.

Sementara, Direktur Bina Haji Khoirizi mengatakan, bahtsul masa’il kali ini akan membahas antara lain, dinamika pembacaan doa manasik haji dan umrah selain doa-doa yang sudah ma'tsur (berdasarkan riwayat).

“Pada hari kedua, kami akan membahas desain dan pola bimbingan manasik berbasis bimbel. Kami juga akan membahas sistem silabus dàn kurikulum bimbingan manasik Kementeriaan Agama dan kelompok bimbingan ,” ujarnya.

Selain Dirjen PHU Nizar Ali, sejumlah narasumber pada bahtsul masa’il ini adalah Ahmad Kartono (mantan Direktur Bina Haji), Asrorul Ni'am Sholeh (Komisi Fatwa MUI), Ali Rohmad (Karo Perencanaan), serta Aceng Fatru?-rahman dan Khoirizi H Dasir.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8186 seconds (0.1#10.140)