Penunjukan Pati Polri Jadi Plt Gubernur Degradasi Kemampuan Sipil

Senin, 29 Januari 2018 - 11:38 WIB
Penunjukan Pati Polri...
Penunjukan Pati Polri Jadi Plt Gubernur Degradasi Kemampuan Sipil
A A A
JAKARTA - Pro dan kontra rencana pengangkatan perwira tinggi (Pati) Polri menjadi Plt Gubernur untuk Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Utara oleh Mendagri Tjahjo Kumolo terus bergulir.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Bakir Ihsan mengatakan, rencana Mendagri mengangkat Pati Polri menjadi Plt Gubernur selama perhelatan pilkada sebagai bentuk ketidakpercayaan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Mendagri seharusnya menempatkan ranah sipil sebagai ranah sipil. Ini penting untuk membuktikan bahwa sipil mampu mengelola pemerintahan dalam kondisi apapun," ujarnya melalui pesan singkat kepada SINDOnews, Senin (29/1/2018).

Kata Bakir, Polri begitu juga TNI dengan tugas khususnya biarkan fokus pada tugas dan tanggung jawabnya. Dia menilai, menunjuk institusi lain untuk keperluan jabatan ranah sipil (Kemendagri) secara tidak langsung mendegradasi kemampuan sipil.

"Padahal sipil belum tentu tidak mampu. Plt Gubernur DKI dalam pilkada yang begitu gaduh, Soni Sumarsono, eselon I Kemendagri, misalnya, berhasil membawa DKI bertransisi secara baik dengan program yang terus berjalan," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)