Berkah Harga Komoditas

Senin, 29 Januari 2018 - 08:05 WIB
Berkah Harga Komoditas
Berkah Harga Komoditas
A A A
HARGA komoditas di pasar dunia menjadi sentimen positif bagi perekonomian nasional. Kenaikan harga komoditas ini melanjutkan tren positif selama 2017 lalu. Meski dari sisi konsumsi domestik nasional pertumbuhan tidak terlalu baik, setidaknya ada katalisator yang membuat perekonomian nasional tetap seksi, yakni aktivitas ekspor komoditas.

Tren kenaikan harga sejumlah komoditas asal Indonesia yang diekspor, khususnya yang bersumber dari komoditas sumber daya alam seperti karet, kelapa sawit, batu bara dan komoditas tambang lain, memberikan sentimen positif bagi penghasilan masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan penghasil komoditas seperti Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Bank Dunia juga memperkirakan harga komoditas di pasar global akan terus pada fase tren meningkat pada tahun ini. Salah satunya akibat dari meningkatnya permintaan di pasar Eropa dan China. Apalagi negara-negara produsen dan pengekspor minyak yang tergabung dalam OPEC menyepakati pemotongan kuota produksi. Ini tentu memberikan dampak terhadap fluktuasi harga komoditas tahun ini.

Bank Dunia memperkirakan untuk komoditas seperti gas alam dan batu bara akan tumbuh 4-6% pada tahun ini. Hal yang sama juga terjadi untuk komoditas berbasis mineral hasil tambang seperti nikel, emas, dan feronikel. Lalu apa dampaknya terhadap Indonesia? Kondisi eksternal peningkatan harga komoditas di pasar dunia itu akan menopang surplus neraca perdagangan nasional. Lalu apa dampaknya bagi Indonesia?

Tahun ini pemerintah memproyeksikan surplus neraca perdagangan lebih tinggi daripada tahun lalu. Peningkatan gradual harga komoditas juga telah memberikan dukungan pada ekspor tambang yang menjadi salah satu komoditas ekspor utama Indonesia. Kenaikan harga komoditas ini juga diyakini akan memberikan dampak pada pertumbuhan sektor lain seperti automotif.

Meningkatnya permintaan komoditas global secara langsung mendorong pertumbuhan perdagangan internasional, khususnya ekspor ke negara-negara besar sepeti China, AS, Jepang dan negara-negara kawasan Eropa. Peningkatan permintaan tersebut juga telah memberi kontribusi pada pergerakan harga komoditas seperti batu bara yang didorong kenaikan permintaan dari China. Kenaikan harga batu bara yang cukup tajam sejak 2017 lalu disebabkan hambatan di sisi suplai karena penurunan produksi di China serta isu perburuhan di Australia.

Sementara untuk komoditas non-sumber daya alam seperti komoditas pangan dan hortikultura berhasil dikendalikan sehingga berkontribusi pada penurunan tren laju inflasi volatile food. P enurunan beberapa harga komoditas pangan lainnya seperti bawang merah, bawang putih, dan daging ayam ras mendorong laju inflasi pangan yang relatif cukup rendah.

Sementara untuk produk komoditas nonmigas, komoditas ekspor sektor industri manufaktur dan pertanian tahun ini juga diproyeksikan meningkat. Tren harga komoditas yang meningkat sejak pertengahan 2017 lalu berhasil mendorong positifnya per­tumbuhan ekspor Indonesia. Adapun komoditas ekspor utama yang diproyeksikan akan tumbuh agresif adalah komoditas minyak nabati, bahan bakar mineral, mesin dengan negara tujuan ekspor ke China, AS, dan Jepang.

Meskipun tahun ini merupakan tahun politik dengan diadakannya pilkada serentak di beberapa kabupaten/kota dan provinsi, hal itu tidak akan memberikan dampak krusial bagi pertumbuhan perekonomian nasional tahun ini. Kondisi ekonomi global yang positif dan tren peningkatan harga komoditas masih menjadi katalisator dan faktor pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Harapannya, di tahun politik ini, konsumsi domestik justru meningkat sehingga pertumbuhan ekonomi juga mendapat dukungan dari pertumbuhan konsumsi di dalam negeri yang selama dua tahun terakhir menunjukkan tren kurang bagus.

(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5698 seconds (0.1#10.140)