Komplotan Pelaku Pemalsu Dokumen Buat Pelatihan Kejahatan

Rabu, 20 Desember 2017 - 21:01 WIB
Komplotan Pelaku Pemalsu...
Komplotan Pelaku Pemalsu Dokumen Buat Pelatihan Kejahatan
A A A
JAKARTA - Salah seorang dari komplotan pelaku pemalsu dokumen berinisial (AR) ternyata membuat pelatihan kejahatan. Tercatat ada 29 orang peserta yang sudah ikut mengikuti pelatihan tersebut.

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan, AR memungut biaya Rp3 juta per orang untuk ikut dalam pelatihan tersebut. Pelatihan sempat berlangsung beberapa kali di kawasan Sentul, Jawa Barat.

"Jadi dia (AR) melakukan pelatihan, kemudian yang ikut daftar itu bayar Rp3 juta per orang," ujar Ari Dono di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Ari menjelaskan dalam pelatihan itu, para peserta diajarkan cara mencari uang dengan cepat dan mudah. Tentunya dengan melakukan tindak kejahatan.

Yang pertama, AR mengajarkan cara memproduksi uang palsu. Ini diistilahkan sebagai peternak. Kemudian, AR juga mengajarkan cara membuat dokumen palsu misalnya BPKB, STNK, dan lain-lain serta mencari pemesannya. AR pun mengibaratkan cara ini sebagai 'berburu'.

"Ini strategi mereka mencari uang dengan cara instan dan melanggar hukum," ucap Ari.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Agung Setya memastikan pihaknya bakal memburu 29 orang yang mengikuti pelatihan kriminal dari AR. Menurut Agung, mereka berpotensi melakukan tindak pidana serupa seperti komplotan pemalsu uang dan dokumen.

"Kami akan mengidentifikasi siapa saja 29 orang itu. Mereka juga berpotensi melakukan tindak kejahatan," tandas Agung.

Seperti diketahui, Bareskrim membongkar sindikat pemalsu dokumen palsu di Jawa Barat. 13 tersangka berhasil diamankan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8616 seconds (0.1#10.140)