Survei Monitor: Partai Perindo Paling Banyak Dapat Perhatian Media

Selasa, 19 Desember 2017 - 16:54 WIB
Survei Monitor: Partai...
Survei Monitor: Partai Perindo Paling Banyak Dapat Perhatian Media
A A A
JAKARTA - Survei Monitor Research and Consulting Indonesia menunjukkan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebagai partai yang paling banyak diberitakan oleh media.

Hal tersebut terungkap berdasarkan atas hasil survei Monitor Indonesia terhadap isi pemberitaan di enam media massa nasional. Secara kuantitas, Perindo menguasai pemberitaan dengan meraih skor 36%, disusul Partai Golkar yang memeroleh 32%.

Direktur Eksekutif Riset Monitor Indonesia, Ali Rif'an menjelaskan pemberitaan tentang Perindo didominasi tentang kinerja dan kegiatan partai yang dipimpin Hary Tanoesoedibjo itu.

"Sedangkan Golkar dengan sub tema kasus hukum yang menyeret nama kader dan ketua umum, persiapan pilkada serta dinamika koalisi," ujar Rif'an di Kantor Monitor Indonesia, Tebet, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Selain Perindo dan Golkar, media massa juga sering memberitakan partai lain, yakni Demokrat (5%), Nasdem (5%), PKB (3%), PAN (2%) PSI dan Gerindra masing-masing 1%.

Rif'an menjelaskan, survei menggunakan metode purposive sampling di enam media cetak yakni Kompas, Koran Tempo, Jawa Pos, Republika, Media Indonesia dan Koran SINDO. Pengambilan data dimulai dari 10 Agustus hingga 25 November 2017.

Dia menjelaskan, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara filterisasi semua pemberitaan, dan pencarian tema: partai politik, parlemen, pemerintahan dan pencapresan. (Baca juga: Survei PolMark: Perindo Partai Baru Paling Populer )

Kemudian, kata dia, semua berita yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan content analysis dengan tema parpol, pemerintahan, parlemen serta pencapresan yang akan dianalisis yaitu frekuensi pemberitaan, tema berita serta "nada" pemberitaan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8083 seconds (0.1#10.140)