Survei PolMark: Perindo Partai Baru Paling Populer

Senin, 18 Desember 2017 - 15:01 WIB
Survei PolMark: Perindo Partai Baru Paling Populer
Survei PolMark: Perindo Partai Baru Paling Populer
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menjadi satu-satunya partai politik baru calon peserta Pemilu 2019 yang mulai mendapatkan dukungan pemilih.

Hal itu seperti terungkap dalam pemaparan hasil survei politik PolMark Indonesia, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (18/12/2017).

Dalam surveinya, PolMark Indonesia meneliti tingkat keterpilihan atau elektabilitas tiga partai politik baru. Elektabilitas Partai Perindo berada pada angka 2,2% mengungguli Partai Beringin Karya dengan 0,1 %, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 0%.

"Di antara partai-partai baru, hanya Perindo yang diketahui masyarakat cukup luas. Ini karena ekspose media yang luas, Perindo bisa melampaui partai lama dan partai baru terkait pengetahuan masyarakat," kata CEO PolMark Indonesia Eep Saefullah Fatah.

Tak hanya nama Partai Perindo, lanjut Eep, nama Hary Tanoesoedibjo sebagai pemimpin partai tersebut juga cukup dikenal masyarakat melalui media massa.

Kendati demikian, Eep mengingatkan soal keterbatasan pengaruh media dalam memengaruhi preferensi memilih masyarakat.

"Serangan udara penting, tapi kemenangan akan ditentukan oleh serangan darat. Pemberitaan di media dan kehadiran partai di masyarakat harus dilakukan paralel," kata Eep.

Survei PolMark Indonesia dilakukan pada kurun waktu 13 hingga 25 November 2017. Sebanyak 2.600 responden berusia 17 tahun ke atas dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 1,9% pada tingkat kepercayaan 95%.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7491 seconds (0.1#10.140)