Walubi Selenggarakan Dharma Sharing Selama 5 Hari di Kemayoran

Rabu, 01 November 2017 - 16:17 WIB
Walubi Selenggarakan...
Walubi Selenggarakan Dharma Sharing Selama 5 Hari di Kemayoran
A A A
JAKARTA - Ratusan Bhikkhu Sangha yang tergabung dalam Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) menghadiri Kegiatan Dharma Sharing di Hall C1-C2, Area JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2017). Selama lima hari ke depan umat Buddha diajak agar lebih semangat meningkatkan Pemahaman dan Penghayatan serta Pengamalkan Buddha Dharma dalam Kehidupan sehari-hari sesuai dengan alirannya masing-masing.

Ketua Umum Walubi Hartati Murdaya menjelaskan, Dharma Sharing merupakan salah satu bagian dari kesepakatan Program Kerja hasil Pasamuan Agung III Walubi pada 14-15 April 2017 dan hasil Rakernas Walubi pada 26 Oktober 2017. Yang intinya, meningkatkan disiplin, melaksanakan program kerja dengan bijaksana, program kerja turut berperan serta di dalam gerak memajukan kualitas moral, mental, dan spiritual warga bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi masa depan yang lebih sejahtera dan berkeadilan, bermartabat, serta aman sentosa.

Hartati menjelaskan, selama lima hari ke depan akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yakni, Pembabaran Dharma, Sarasehan Dharma dalam kehidupan sehari-hari, pembelajaran teknik-teknik meditasi, latihan meditasi, retreat oleh masing-masing majelis, silaturahmi antara komunitas majelis-majelis anggota Walubi, pameran makanan vegitarian, dan bazaar perlengkapan sembayang umat Buddha.

“Semoga Rangkaian acara Dharma Sharing dan silaturahmi umat Buddha dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan, lancar, sukses, dan bahagia," ujar Hartati di lokasi.

"Kegiatan ini diharapkan berkelanjutan dengan terus menerus sampai cita-cita kita umat Buddha tercapai, yaitu rukun, kompak, peroleh karma baik, hidup beruntung dan berhasil mensucikan hati dan pikiran, menjadi tenang tentram, sejahtera sepanjang masa sampai menjadi makhluk suci yang tentram, damai dan bahagia. Selamat berjuang, semoga semuanya sukses,” sambungnya.

Ia juga mengapresiasi pemerintah yang selalu memberikan dukungan terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan umat Buddha khususnya yang tergabung salam Walubi.

“Terima kasih kepada Dirjen Bimas Buddha Indonesia Bapak Caliadi SH, MH. yang selalu tekun memberikan dorongan kepada umat Buddha Indonesia agar menjadi lebih semangat menyadari maknanya agama Buddha dan terus mendalami ajaran-ajarannya demi kebaikan bangsa dan negara,” tutupnya.

Dirjen Bimas Agama Buddha Chaliadi menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPP Walubi yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan Dharma Sharing For Daily Life ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam memahami Buddha Dharma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan dan berkelanjutan sebagai wadah dalam rangka membangun karakter umat. Kita jadikan kegiatan Dharma ini momentum yang sangat baik mengenai Buddha Dharma. Saya juga sangat mengapresiasi Walubi yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap masyarakat Indonesia,” katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)