Mendagri Ingatkan Pemda Proaktif Tuntaskan E-KTP

Kamis, 26 Oktober 2017 - 17:41 WIB
Mendagri Ingatkan Pemda Proaktif Tuntaskan E-KTP
Mendagri Ingatkan Pemda Proaktif Tuntaskan E-KTP
A A A
BOGOR - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pemerintah daerah (pemda) lebih proaktif dalam menyelesaikan proses pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk masyarakat.

Tjahjo menegaskan secara prinsip, proses pencetakan sebanyak 7,8 juta e-KTP sudah semua. "Itu sudah selesai semua, memang tidak secara langsung kita bagikan. Seperti yang kemaren di TMII itu 80 persen warga Jakarta. Tapi tolong yang 1 juta tadi (ber-KTP Ganda) masyarakat dan pemerintahnya lebih proaktif," tutur Tjahjo usai memberikan kuliah umum di Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/10/2017).

Dia mengingatkan pemda agar proaktif melakukan pengawasan serta melakukan "jemput bola". Dengan demikian, kata dia, sedikit demi sedikit problematika masalah e-KTP elektronik bisa cepat selesai.

"Saya contohkan Wali Kota Surabaya saja, dia setiap hari mengerahkan pegawainya untuk door to door ke setiap rumah untuk mengecek kepemilikan e-KTP, andai saja semua pemerintah daerah juga begitu," ungkapnya.

Di hadapan ratusan mahasiswa pascasarjana dan sivitas akademika Unhan, Tjahjo juga sempat menyampaikan permasalahan e-KTP.

Dia memaparkan dari 189.630.855 jiwa penduduk Indonesia yang wajib memiliki KTP, sebanyak 9.300.584 di antaranya belum melakukan perekaman.

"Jadi sebanyak 175.949.127 jiwa sudah melakukan perekaman data dan sedang dalam proses," ucapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Bogor Dody Achdiat mengatakan, di wilayahnya pencetakan e-KTP sudah berlangsung sejak April setelah blanko tersedia.

Terhitung sejak Senin 23 Oktober 2017, pendaftaran pemohon pencetakan E-KTP tidak lagi dibatasi dari sebelumnya yang hanya 400 ribu sehari.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8242 seconds (0.1#10.140)