Sumber Ideologi Pancasila Adalah Kearifan Lokal Indonesia

loading...
Sumber Ideologi Pancasila Adalah Kearifan Lokal Indonesia
Sumber Ideologi Pancasila Adalah Kearifan Lokal Indonesia
A+ A-
JAKARTA - Pancasila adalah ideologi yang bersumber dari kearifan lokal bangsa Indonesia. Pancasila juga sudah terbukti mampu menyatukan dan mendamaikan berbagai kemajemukan itu di Bumi Pertiwi.

Pancasila sebagai ideologi negara telah mengakomodasi kearifan lokal yang hidup di nusantara seperti gotong royong, adat istiadat, silaturahmi, dan lain-lain. Itu terdapat dalam sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"NKRI tetap berlangsung dan berjalan harmonis karena kekuatan dari nilai-nilai Pancasila itu. Maka pemahaman nilai Pancasila itu harus terus digalakkan, terutama kepada para generasi muda,” ujar dosen Pasca Sarjana Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia, Bambang Widodo Umar, di Jakarta, Selasa ( 26/9/2017).

Menurutnya Indonesia adalah negara multi etnis, agama, ras dan golongan. Bhinneka Tunggal Ika, kata dia secara de facto mencerminkan kemajemukan budaya bangsa dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Baca: Ma'ruf Amin: Pancasila Harus Humanis, Hindari Kesan Doktrin)



"Dengan kekuatan kearifan lokal itu, Pancasila mampu menyelamatkan bangsa Indonesia dari berbagai gangguan dan ancaman perpecahan," ucapnya.
(kur)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top