Hari Lahir Pancasila, Momentum untuk Kuatkan Fondasi Kerakyatan

Kamis, 01 Juni 2023 - 21:31 WIB
loading...
Hari Lahir Pancasila, Momentum untuk Kuatkan Fondasi Kerakyatan
Deklarasi Perhimpunan Rakyat Progresif, di Jakarta, Kamis (1/6/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni dinilai menjadi momentum menguatkan fondasi kerakyatan dengan nilai solidaritas nasional dan melanjutkan agenda progresif reformasi. Hal ini terungkap dalam deklarasi organisasi rakyat yang bernama Perhimpunan Rakyat Progresif di Jakarta, Kamis (1/6/2023).

"Rakyat progresif menggenggam tekad untuk merajut rasa kebangsaan yang terserak, menanam benih-benih idealisme, membangun benteng-benteng kebhinekaan dan menguatkan fondasi kerakyatan, yaitu gotong royong," kata Ketua Umum Perhimpunan Rakyat Progresif David Krisna Alka.

"Tentu, juga meningkatkan martabat Indonesia dalam pergaulan internasional, sesuai prinsip politik bebas aktif dengan melihat kondisi geopolitik internasional yang berkembang," tambahnya.





Dijelaskan David, rakyat progresif akan menggalang kekuatan nasional melalui kepemimpinan politik yang ideologis, terorganisir dan terstruktur.

"Organisasi rakyat ini kita deklarasikan untuk membumikan akal progresif para pemikir dan pendiri bangsa yang berkarakter kerakyatan, berprikemanusiaan, berkeragaman, berkeadilan, berkeadaban, berkemajuan dan bermartabat," jelasnya.

Dalam suasana kerakyatan menghadapi tahun politik ini kata David, supaya seluruh rakyat Indonesia untuk tetap memajukan akal progresif agar tidak terprovokasi isu-isu yang menyesatkan dan informasi yang tak jelas ujung pangkalnya.

"Jangan sampai termakan propaganda kaum konservatisme klimis, propaganda biang kerok intoleransi dan propaganda provokator polarisasi, semua itu sampah demokrasi yang merusak kehidupan rakyat progresif," tuturnya.

"Mari kita gunakan akal merdeka, akal yang progresif untuk mewujudkan keadilan yang revolusioner bagi masa depan Indonesia, dengan melanjutkan kepemimpinan republik nan progresif," tegas David.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)