Jokowi Bagikan 3.500 Sertifikat Tanah di Bali

Jum'at, 08 September 2017 - 21:38 WIB
Jokowi Bagikan 3.500 Sertifikat Tanah di Bali
Jokowi Bagikan 3.500 Sertifikat Tanah di Bali
A A A
BALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyerahkan 3.500 sertifikat tanah kepada masyarakat Bali, di Lapangan Puspem Badung, Sempidi, Badung, Bali. Ribuan sertifikat ini diserahkan secara simbolis kepada sepuluh perwakilan penerima.

Secara ke seluruh para penerima ribuan sertifikat ini berasal dari lima kabupaten/kota se-Bali, meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar, dan Klungkung.

Jokowi kali ini memerintahkan kepada Menteri BPN agar segera menyelesaikan persertifikatan tanah di Indonesia dan kemudian diserahkan kepada masyarakat.

"Banyak sekali sengketa, karena belum pegang ini (sertifikat tanah). Kalau sudah pegang ini kan aman, sertifikatnya ada," kata Jokowi, Jumat (8/9/2017).

Jokowi berpesan kepada masyarakat Bali yang sudah menerima sertifikat, agar menjaga sertifikatnya dengan baik supaya tidak rusak.

"Kalau sudah pegang sertifikat tolong diberi plastik. Kalau genteng bocor tidak rusak. Yang kedua tolong difotokopi. Kalau hilang biar cepat ngurusnya," ujarnya.

Mantan Gubernur Jakarta ini mengingatkan kepada masyarakat, kalau sertifikat itu mau dijadikan jaminan di bank agar memperhatian kemampuan dalam membayar.

"Kalau mau disekolahkan di bank agar hati-hati. Dihitung dan kalkulasi lagi, dan hati-hati. Biasanya begitu dapat sertifikat langsung ke bank, dapat uang Rp200 juta, langsung Rp100 jutanya beli mobil. Ini yang tidak boleh, jangan diutak atik untuk kesenangan," paparnya.

Pihaknya menegaskan, bahwa sertifikat ini sebagai tanda bukti hak atas tanah yang harus disimpan oleh masyarakat. "Silahkan ke bank nggak apa-apa, tapi jangan sampai hilang," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8448 seconds (0.1#10.140)