Tiap Hari, 3.000 Lebih Pekerja Bersihkan Masjid Nabawi

Jum'at, 08 September 2017 - 14:27 WIB
Tiap Hari, 3.000 Lebih Pekerja Bersihkan Masjid Nabawi
Tiap Hari, 3.000 Lebih Pekerja Bersihkan Masjid Nabawi
A A A
MADINAH - Sebanyak 3.000 orang lebih dikerahkan untuk membersihkan Masjid Nabawi, Madinah setiap hari. Mulai dari membersihkan lantai, kuningan pada pilar-pilar masjid, serta payung yang membuka-tutup di pelataran dan dalam masjid suci tersebut.

Jumat pagi (8/9/2017) selepas salat Subuh tampak sejumlah petugas kebersihan Masjid Nabawi sibuk membersihkan kuningan di pilar-pilar masjid. Menurut Suhih, petugas kebersihan Masjid Nabawi, kebersihan Masjid Nabi tersebut sangat diperhatikan Pemerintahan Kota Nabawi.

Untuk kuningannya, lanjut dia, setiap sudut bahkan sampai celahnya dibersihkan dengan cairan kimia pembersih. Hasilnya, sampai sekarang pilar-pilar tersebut terawat.

“Supaya bisa menjangkau bagian tertinggi, setiap petugas mengenakan mesin hidrolik yang berfungsi menaik-turunkan petugas kebersihan sesuai dengan kebutuhan,” tuturnya, Jumat (8/9/2017) pagi waktu setempat.

Karpet, tempat air zamzam, dan lantai seluruh bagian masjid juga dibersihkan setiap harinya. Masjid yang sudah mengalami perluasan kesembilan kalinya itu luasnya kini telah mencapai 235.000 meter persegi.

“Karena itu butuh 3.000-an tenaga kebersihan dengan pembagian tiga shift per harinya. Masjid akan dibersikan seusai salat subuh, isya, dan dinihari. Tiap shift melibatkan 1.000 personil kebersihan,” ujar mukimin asal Purwakarta, Jawa Barat itu.

Dari semua warga Indonesia yang bekerja di Masjid Nabawi, Suhih merupakan pegawai yang cukup lama. Dia sudah bekerja 3 tahun melayani Masjid Nabawi. “Saya merasakan berkah bekerja di Masjid Nabi karena bisa haji dan umrah hampir setiap tahun,” tuturnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7551 seconds (0.1#10.140)