Idul Adha Momentum Tepat Jaga Kerukunan Antar Umat

Senin, 04 September 2017 - 14:53 WIB
Idul Adha Momentum Tepat Jaga Kerukunan Antar Umat
Idul Adha Momentum Tepat Jaga Kerukunan Antar Umat
A A A
JAKARTA - Ibadah dan hidup bersama dalam agama Islam selain mempunyai dampak individu, juga harus mempunyai dampak sosial. Dalam Idul Adha juga disunahkan kepada umat muslim untuk meningkatkan kepedulian yaitu menyembelih hewan pada tanggal 10 Dzulhijjah-13 Dzulhijjah.

Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Ahmad Satori Ismail mengatakan, ada tiga pembagian hewan kurban. Dia menyebutkan, berkurban untuk sendiri, untuk keluarganya dan untuk orang sekelilingnya, khususnya fakir miskin.

"Diharapkan dengan melalui kurban, kita bisa berbagi kepada tetangganya pada seluruh orang-orang yang khususnya sangat membutuhkan kepedulian itu," ujar Ahmad Satori dalam siaran pers yang diterima SINDOnews dari BNPT, Jakarta, Senin (4/9/2017).

Dia mengungkapkan, di Timur Tengah yang kurbannya melimpah seperti di Arab Saudi. Menurutnya di sana jutaan orang berhaji dan menyembelih kurban juga banyak daging-dagingnya diawetkan lalu disebar ke negara-negara yang membutuhkan. Di antaranya, kata dia ke negara miskin, seperti di Afrika.

"Jadi momentum Idul Adha ini adalah momentum yang tepat untuk menjaga persatuan dan kerukunan antar sesama umat," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0029 seconds (0.1#10.140)