Ketua MPR Sampaikan Wasiat KH Hasyim Asyari

Rabu, 16 Agustus 2017 - 10:26 WIB
Ketua MPR Sampaikan Wasiat KH Hasyim Asyari
Ketua MPR Sampaikan Wasiat KH Hasyim Asyari
A A A
JAKARTA - Para p‎ihak yang melakukan klaim sebagai Pancasilais dan menuduh yang lain tidak Pancasilais sebaiknya belajar lagi tentang sejarah Pancasila. Semua pihak seharusnya mengembalikan empat cita-cita seperti yang telah dirumuskan para pendiri bangsa dan negara ini.

Ketua MPR, Zulkifli Hasan mengatakan, ada orang-orang yang sudah melampaui kesejahteraan umum dan mencapai apa yang dimaksud dengan mencerdaskan kehidupan bangsa. Menurutnya orang seperti itu yang harus mendapat prioritas masalah perlindungan bangsa dan tumpah darah Indonesia.

"Mari kita berlaku bijak, dewasa, dan satria," ujar Zulkifli dalam pidatonya di acara Sidang Tahunan di Gedung MPR/DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).‎

Dia menuturkan, Pancasila dan UUD 1945 adalah kesepakatan bersama dan rujukan bersama dalam bernegara dan dalam berindonesia. Dia mengungkapkan, hingga 1 Juni 1945, Bung Karno mengemukakan gagasan tentang Pancasila.

'Sebuah gagasan luar biasa dari seorang pemimpin terbesar sepanjang sejarah," ucapnya. (Baca: Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi-JK Kenakan Baju Adat)

Pada kesempatan itu dia juga mengajak semua yang hadir untuk merenung kata-kata yang begitu dalam dan diwasiatkan Hadratus Syaikh KH Hasyim Asyari. Dia mengungkapkan, Hadratus Syaikh KH Hasyim Asyari berwasiat, manusia harus bersatu, agar tercipta kebaikan dan kesejahteraan, agar terhindar dari kehancuran dan bahaya.

"Kita kurang empati pada sesama anak-anak bangsa. Selalu menganggap diri yang paling benar," terangnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6889 seconds (0.1#10.140)