KoDe Inisiatif: Semua Parpol Harus Diverifikasi

Senin, 14 Agustus 2017 - 17:41 WIB
KoDe Inisiatif: Semua Parpol Harus Diverifikasi
KoDe Inisiatif: Semua Parpol Harus Diverifikasi
A A A
JAKARTA - Verifikasi partai politik (parpol) dinilai harus dilakukan semua parpol. Verifikasi perlu dilakukan sebagai upaya untuk memastikan layak atau tidaknya parpol mengikuti Pemilu 2019.

"Mengingat kondisi, mestinya verifikasi bisa diberlakukan kembali sebagai upaya untuk memastikan seluruh partai memenuhi syarat. Mestinya semua parpol diverifikasi," kata Ketua Konstitusi dan Demokrasi (KoDe) Inisiatif, Very Junaidi kepada SINDOnews, Senin (14/8/2017).

Pendapat Very menyikapi tentang ketentuan verifikasi parpol dalam Undang-Undang (UU) Penyelenggaraan Pemilu. Dalam ketentuan itu, parpol yang baru berbadan hukum diwajibkan untuk ikut verifikasi untuk menjadi peserta Pemilu 2019, sedangkan parpol peserta Pemilu 2014 tidak diwajibkan.

Dia mengatakan, ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai verifikasi parpol pada tahun 2012 silam. "Intinya, sepanjang syarat verifikasinya adalah sama dengan yang sebelumnya, maka ketentuan itu dianggap konstitusional. Artinya cukup fair bagi semua partai," paparnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6118 seconds (0.1#10.140)