Barack Obama Datang, Kebun Raya Bogor Ditutup

Jum'at, 30 Juni 2017 - 17:28 WIB
Barack Obama Datang, Kebun Raya Bogor Ditutup
Barack Obama Datang, Kebun Raya Bogor Ditutup
A A A
JAKARTA - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama beserta rombongan keluarganya tiba di Istana Bogor pada pukul 15.20 WIB, Jumat (30/6/2017).

Untuk menyambut kedatangan Obama, sejumlah ruas jalan di sekitar Kebun Raya dan Istana Bogor ditutup selama lima menit.

Berdasarkan pantauan, iring-iringan kendaraan Obama masuk ke "kota hujan" melalui pintu keluar atau Gerbang Tol Bogor melintas jalan Pajajaran, Otista, Jalan Ir H Juanda.

Sedikitnya ada sembilan kendaraan yang mengawal mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu. Rombongan sempat memperlambat laju kendaraan saat memasuki jembatan Otista yang penuh dengan warga di sisi kiri jalan.

Iring-iringan belasan mobil yang membawa Obama terlihat keluar dari hotel sekitar pukul 14.35 WIB. Keberangkatan Obama beserta keluarga diwarnai guyuran hujan di jalan.

Selain ke Istana Bogor, Obama juga dijadwalkan akan mengunjungi Kebun Raya Bogor sekaligus mencicipi jamuan Presiden Jokowi di Green Garden Cafe, sebuah restoran yang berada di dalam Kebun Raya Bogor.

Kedatangan Obama membuat ratusan wisatawan yang hendak berkunjung ke Kebun Raya Bogor kecewa karena pihak pengelola menutup jam operasinya secara mendadak.

Ahmad Fadli, 58, warga asal Bandung mengatakan bahwa dirinya sengaja datang ke Kebun Raya bersama keluarga tapi karena tutup, akhirnya memilih nongkrong depan pintu utama Istana Bogor hanya untuk menyambut kedatangan Obama.

"Kebetulan saya mau liburan ke Kebun Raya Bogor, karena mendadak tutup karena ada Obama, saya ajak keluarga untuk melihat rusa di luar pagar Istana Bogor, terus sekalian penasaran juga ingin melihat iring-iringan rombongan Obama," ungkapnya

Berdasarkan pantauan beberapa wisatawan tampak langsung bergegas meninggalkan pintu masuk utama KRB menuju lokasi wisata lain di Kota Bogor seperti The Jungle, Taman Topi, dan lain sebagainya.

Namun, beberapa wisatawan lainnya justru berkeliling di seputaran KRB di Jalur Sistem Satu Arah (Jalan Otista, IR H Juanda, Jalak Harupat dan Pajajaran) berhenti di Balai Kota Bogor.

Warga tampak melihat-lihat dan memberikan makan rusa yang berada di dalam area Istana Bogor.

M Idris (38) wisatawan asal Tangerang mengaku kecewa Kebun Raya Bogor mendadak tutup. Padahal dia bersama keluarga sudah lama merencanakannya. untuk berlibur di KRB.

Namun karena Kebun Raya Bogor hari ini tidak dibuka untuk umum, Idris kemudian mengajak keluarganya melihat pemandangan ratusan rusa di sekitar Istana Bogor.

"Yang penting anak senang, lihat rusa dari dekat juga anak sudah senang sambil memberi makan wortel, jadi lumayan sedikit ada hiburan," katanya.

Penutupan dilakukan karena Obama dan Presiden Joko Widodo akan mengunjungi mencicipi masakan khas Indonesia di Green Garden Cafe yang letaknya persis di dalam Kebun Raya Bogor.

Petugas pengawas pelayanan jasa Kebun Raya Bogor Upun Punijar mengatakan, penutupan tersebut berdasarkan pertimbangan keamanan dan standar prosedur operasi pengamanan tamu negara.

"Saya baru mendapat pemberitahuan dari komandan Pasukan Keamanan Presiden agar Kebun Raya Bogor ditutup hari ini," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya mengucapkan permintaan maaf kepada masyarakat yang ingin berlibur ke Kebun Raya Bogor. "Kebun Raya tidak bisa apa-apa, mohon maaf untuk masyarakat. Kami akan buka kembali besok (Sabtu)," tambahnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4017 seconds (0.1#10.140)