Hidup Damai dengan Pancasila

Senin, 12 Juni 2017 - 06:01 WIB
Hidup Damai dengan Pancasila
Hidup Damai dengan Pancasila
A A A
PRESIDEN Joko Widodo membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila disingkat UKP PIP. Benarkan ini akan menjadi benih baru untuk kembali ke UUD 45?

Jokowi punya pertimbangan sendiri untuk membentuk lembaga yang diisi pada tokoh dari lintas agama itu. Ia merasa sekarang ini gesekan sudah mulai terjadi di mana-mana. Apa yang terjadi sekarang ini jelas tidak diinginkan pendiri bangsa yang dulu sangat mengagungkan perbedaan.

Seolah menyadarkan kembali kesadaran masyarakat Indonesia terhadap Pancasila, Jokowi membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP), yang diketuai Yudi Latief. Tokoh-tokoh gaek berjumlah sembilan orang menjadi pengarah. Mereka adalah Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, M. Mahfud MD, Ahmad Syafii Maarif, Ma’aruf Amin, Said Aqil Siroj, Sudhamek AWS, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Wisnu Baya Tenaya.

Banyak pertanyaan muncul menyoal adanya intoleransi dan radikalisme. Benarkah di Indonesia telah muncul benih permusuhan hanya lantaran perbedaan hingga Jokowi ingin mengembalikan pandangan masyarakat Indonesia ke Pancasila dengan membuat UKP PIP.

Jika ingin tahu jawabannya, baca selengkapnya di Majalah SINDO Weekly No. 15/VI/2017 yang terbit Senin (12/6/2017).
Hidup Damai dengan Pancasila
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3951 seconds (0.1#10.140)