Indonesia Akan Bangun Rumah Sakit di Afghanistan

Rabu, 05 April 2017 - 18:52 WIB
Indonesia Akan Bangun Rumah Sakit di Afghanistan
Indonesia Akan Bangun Rumah Sakit di Afghanistan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah Afghanistan berharap Indonesia membantu rekonsiliasi dengan mengirim delegasi Indonesia ke Afghanistan.

Hal itu disampaikan Jokowi usai menggelar pembicaraan bilateral dengan Presiden Afghanistan, Mohammad Ashraf Ghani. Selain itu, Indonesia berencana membangun Rumah Sakit (RS) di Afghanistan senilai Rp16 miliar.

‎"(Pembangunan RS) ini akan kita mulai segera pada tahun ini, setelah Indonesia islamic center di kabul sudah selesai‎ (dibangun)," kata Jokowi saat jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Menurut Jokowi, peran Indonesia mulai dilirik oleh negara-negara luar, termasuk Afghanistan. Diakui Jokowi, faktor stabilitas politik, kepemimpinan Indonesia di kawasan yang membuat para pemimpin negara di dunia tertarik berkunjung ke Indonesia.

(Baca juga: RI Diminta Bantu Rekonsiliasi di Afghanistan)

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan, antara Indonesia dan Afghanistan telah dicapai kesepakatan kerja sama di bidang pendidikan.

Dalam hal itu, Indonesia akan memberikan beasiswa kepada pelajar Afghanistan untuk menempuh pendidikan di Indonesia. "Bahwa pemerintah Republik Indonesia akan memberikan beasiswa sebanyak 100 pelajar dari Afghanistan untuk studi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia," kata Muhadjir menambahkan pernyataan sikap Jokowi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5804 seconds (0.1#10.140)