Ajaran Islam Mencakup Banyak Aspek, Termasuk Politik

Jum'at, 31 Maret 2017 - 09:58 WIB
Ajaran Islam Mencakup Banyak Aspek, Termasuk Politik
Ajaran Islam Mencakup Banyak Aspek, Termasuk Politik
A A A
JAKARTA - Pemisahan antara agama dengan politik sangat sulit. Apalagi di Indonesia dengan mayoritasnya penduduknya adalah muslim.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN), Prayitno mengatakan, ajaran Islam mencakup semua aspek. Dia menyebutkan, mulai dari aspek politik, ekonomi maupun budaya.

"Di negara mayoritas Islam seperti Indonesia, memisahkan agama dan politik memang bukan perkara mudah," ujar Prayitno kepada SINDOnews melalui telepon, Jumat (31/3/2017).

Maka itu dia menuturkan, perlu adanya formulasi yang jitu ‎untuk menegosiasikan hubungan antara agama dan politik. Menurutnya, jika harus ada nilai-nilai agama yang diadaptasikan dengan politik, maka seyogyanya mengedepankan subtansi agama seperti toleransi dan pluralisme. (Baca: Pemuda Muhammadiyah Nilai Agaman Harus Jadi Panduan Berpolitik)

"Karena menjauhkan sama sekali agama dari urusan politik bukan perkara mudah karena masyarakat kita cukup kuat sentimen keagamaannya," ucapnya.

Pendapat ini disampaikan terkait pernyataan Joko Widodo (Jokowi) agar semua pihak memisahkan politik dengan agama untuk memghindari gesekan antarumat.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5239 seconds (0.1#10.140)