Jokowi Diminta Berpikir Jernih, Fadli Sebut Ahok Sumber Masalah

Rabu, 29 Maret 2017 - 11:11 WIB
Jokowi Diminta Berpikir Jernih, Fadli Sebut Ahok Sumber Masalah
Jokowi Diminta Berpikir Jernih, Fadli Sebut Ahok Sumber Masalah
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta lebih jernih mengidentifikasi akar permasalahan. Gesekan masyarakat yang terjadi belakangan bukan karena relasi antara agama dan politik.

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengatakan, sebelum ada pernyataan provokatif dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal Ahok, hubungan antar umat beragama di Jakarta, baik-baik saja. Maka itu dia menilai tidak ada masalah jika ekspresi dan motivasi politik seseorang dijalankan berdasarkan nilai-nilai agama.

"Faktanya sejak awal kemerdekaan selalu ada partai berdasarkan agama. Baik Islam, Kristen, maupun agama-agama lain. Itu sikap yang konstitusional, sebab dijamin dalam Pancasila dan UUD 1945," ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Maka itu pernyataan Jokowi mengenai pemisahan antara agama dengan politik menurutnya kurang tepat. Dia mengingatkan, eskalasi yang terjadi sekarang karena ketidakmampuan satu orang mengendalikan ucapannya di depan publik. (Baca: Fadli Zon Kritik Pernyataan Jokowi tentang Agama dan Politik)

"Di situlah akar utamanya. Jika saja tidak ada pernyataan saudara Basuki Tjahja Purnama yang menyinggung kelompok Islam, gesekan masyarakat juga tidak akan eskalatif seperti saat ini," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9612 seconds (0.1#10.140)
pixels