Objek Vital Nasional Tak Luput dari Ancaman Teroris

Senin, 13 Maret 2017 - 23:17 WIB
Objek Vital Nasional Tak Luput dari Ancaman Teroris
Objek Vital Nasional Tak Luput dari Ancaman Teroris
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan kerja sama (MoU) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di bidang energi dan sumber daya mineral dalam rangka penanggulangan terorisme. Kerja sama ini dilakukan mengingat ancaman serangan terorisme di dunia telah masuk ke berbagai macam sektor.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius bersama Menteri ESDM, Ignasius Jonan di Ruang Sarulla, Gedung Utama Kementerian ESDM, Jakarta. Objek vital nasional di sektor energi dan sumber daya mineral bukan berarti tidak luput dari ancaman teroris.

"Sekitar 70% konflik dunia disebabkan oleh perebutan energi,” ujar Suhardi dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Senin (13/3/2017).

Menurutnya bukan tidak mungkin Indonesia menjadi wilayah incaran konflik serupa. Apalagi, kata dia Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang tinggi.

"Konflik yang terjadi bukan tidak mungkin justru dilakukan oleh warganya sendiri,” ucapnya. (Baca: Polisi Akan Telusuri Aliran Dana untuk Teroris Temuan PPATK)

Maka itu, lanjut dia objek yang rentan disusupi teroris akan dilakukan pengamanan ketat sebagai aksi pencegahan. Dia menuturkan, langkah cepat pencegahan sangat penting dilakukan.

“Kalau sampai kejadian, tentunya besar sekali implikasinya dan lama juga pemulihannya," katanya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6292 seconds (0.1#10.140)