DPD Minta Menag Fokus Selesaikan Ancaman Konflik Sosial

Senin, 27 Februari 2017 - 18:06 WIB
DPD Minta Menag Fokus Selesaikan Ancaman Konflik Sosial
DPD Minta Menag Fokus Selesaikan Ancaman Konflik Sosial
A A A
JAKARTA - Komite III DPD menilai masalah konflik sosial dan kuota haji yang belakangan marak diperbincangkan telah meresahkan masyarakat. Untuk itu, komite III mempertanyakan hal tersebut dalam rapat kerja dengan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

"Kita tahu masalah kuota haji dan konflik sosial telah meresahkan kita bersama. Makanya kita perlu kejelasan dari Pak Lukman selaku Menag terkait masalah ini," kata Ketua Komite III Hardi Selamat Hood, di Gedung DPD, Jakarta, Senin (27/2/2017.

Menurut Hardi Selamat, konflik sosial telah menjadi ancaman bagi kerukunan hidup keberagamaan di Indonesia. Seharusnya, agama menjadi panutan bagi umat beragama di Indonesia.

"Agama harus menjadi faktor sosial, di mana agama menjadi ikatan masyarakat yang dapat mempersatukan kita," ungkapnya.

Sementara Anggota DPD dari Provinsi Kalimantan Tengah M Rakhman mengapresiasi adanya kuota tambahan jamaah haji pada tahun ini. Namun dengan adanya tambahan ini, dia juga khawatir akan ada pergeseran jadwal bagi jamaah haji.

"Dengan adanya tambahan ini takutnya jadwal akan dimajukan. Ini juga harus ada keterangan resmi dari Kemenag," paparnya.

Selain itu, dia berharap datangnya Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz ke Indonesia juga bisa menjadikan momentum untuk bisa menamba kuota haji lagi dari Indonesia. "Kita berharap datangnya Raja Salman bisa ditambah lagi kuota jamaah haji Indonesia,” ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8915 seconds (0.1#10.140)