Mastel Sebut 84% Masyarakat Dirugikan oleh Hoax

Senin, 13 Februari 2017 - 12:03 WIB
Mastel Sebut 84% Masyarakat Dirugikan oleh Hoax
Mastel Sebut 84% Masyarakat Dirugikan oleh Hoax
A A A
JAKARTA - Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Kristiono mengatakan, 1.116 responden terkait hoax ada 84 persen masyarakat Indonesa merasa berita hoax sangat mengganggu dan mempengaruhi.

"Berdasarkan survei kita (Mastel), 84 persen hoax sangat pengaruhi mereka dan 75,90 persen bisa mengganggu kerukunan masyarakat," kata Kristiono di Kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Dia menerangkan, memang hoax bukan hal unik atau hal baru di Indonesia. Tapi hoax bisa sangat mengganggu, karena hoax itu buatan dengan sengaja, bukan yang memang tidak disengaja.

"Hoax itu dibuat untuk pengaruhi publik dan kemudian cepat menjadi marak karena mengandung dua stimulan dominan sosial politik, kedua soal sara," terang Kristiono.

Meski saat ini hoax tengah ramai, tapi banyak masyarakat yang faham kalau hoax adalah berita bohong dengan sengaja dibuat. Hal itu terlihat dari tingginya hasil survei Mastel yang menyatakan hoax berita bohong dengan capaian angka 90,30 persen.

"Ini menerangkan bahwa masyarakat Indonesia kita ini cukup kritis menghadapi hoax. Mereka tidak begitu saja percaya pada berita tapi terbiasa memeriksa kebenaran dari berita," ujar Kristiono.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8090 seconds (0.1#10.140)