Pers Harus Terdepan Lawan Hoax

Kamis, 09 Februari 2017 - 10:44 WIB
Pers Harus Terdepan Lawan Hoax
Pers Harus Terdepan Lawan Hoax
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyampaikan ucapan selamat kepada insan pers terkait peringatan Hari Pers Nasional, hari ini. Acara peringatan Hari Pers Nasional tahun ini dipusatkan di Ambon.

Taufik mengatakan, sejak reformasi digemakan kurang lebih dua dasawarsa lalu, pers merupakan salah satu pilar penting kebangkitan kehidupan bangsa dan negara, khususnya kesadaran akan nilai-nilai demokrasi.

Menurut dia, pers telah menjadi bagian dari pembangunan dan konsolidasi demokrasi. Bahkan menjadi salah satu pilar demokrasi itu sendiri. "Pers memiliki peran penting dalam menentukan kualitas demokrasi kita," kata Taufik melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews, Kamis (9/2/2017).

Taufik mengatakan, di tengah suasana politik yang sedang hangat menjelang berbagai perhelatan dan kontestasi politik, masyarakat menginginkan pers sebagai jembatan informasi yang mencerahkan dan mencerdaskan.

Saat ini, ucap Taufik, Indonesia sedang dilanda maraknya kabar bohong alias hoax. Hoax seakan telah mewabah dan sulit dihindari. Terlebih, kata dia, realitas tersebut telah berpotensi memecah-belah dan merusak tatanan sosial dan suasana kerukunan dan keharmonisan kehidupan masyarakat.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mendorong agar pers konsisten melaksanakan fungsinya sebagaimana dimandatkan oleh Undang Undang Pers, seperti fungsi informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

Taufik juga berharap pers bisa berperan dan berada di garis terdepan dalam meminimalisasi munculnya informasi hoax. (Baca Juga: Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Ambon )

Menurut dia, pers turut serta dalam membangun kehidupan bangsa, mengontrol berbagai penyimpangan yang tidak sejalan dengan pembangunan, dan mengilhami solusi bagi segala persoalan.

"Selamat Hari Pers Nasional. Semoga peran pers akan semakin memberi kontribusi positif bagi kehidupan bangsa dan negara demi mewujudkan cita-cita masyarakat yang lebih baik di masa yang akan datang," tutur Taufik.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7549 seconds (0.1#10.140)