Perindo Beri Pelatihan TKI yang Sudah Dipulangkan ke Indonesia

Jum'at, 30 Desember 2016 - 07:14 WIB
Perindo Beri Pelatihan TKI yang Sudah Dipulangkan ke Indonesia
Perindo Beri Pelatihan TKI yang Sudah Dipulangkan ke Indonesia
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berkomitmen untuk memberikan pelatihan kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang selama ini terlantar di Malaysia, setibanya di Indonesia.

"Kami akan memberikan pelatihan kepada mereka saat tiba di Indonesia nanti," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Perindo Ahmad Rofiq, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (30/12/2016).

Rofiq mengatakan, para TKI yang pulang nanti akan diberi pelatihan agar memiliki keterampilan, juga kewirausahaan. Agar bisa menjadi produktif dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dia mengungkapkan, selama ini Partai Perindo menaruh perhatian yang besar kepada para TKI yang tinggal di berbagai negara, termasuk di Malaysia.

Kehadiran perwakilan Perindo di Malaysia pun diharapkan mampu untuk membantu warga Indonesia yang tinggal di negara tersebut. Dalam berbagai hal baik pelatihan, persoalan pembelaan hukum, dan lain sebagainya. Termasuk membantuk para TKI yang terlantar.

Seperti diketahui sebelumnya, Perindo berencana untuk memulangkan 32 TKI yang selama ini terlantar, tidak jelas nasibnya di Malaysia. Hal tersebut menindak lanjuti komitmen Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang akan menjemput TKI yang terlantar di Malaysia.

Komitmen tersebut disampaikan saat HT bertemu dengan TKI yang menyampaikan keluh kesahnya, termasuk untuk pulang ke Indonesia.

Namun pihak kedutaan atas nama Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memulangkan TKI tanpa bantuan Perindo. Meskipun Perindo telah jauh memproses hal tersebut.

Partai Perindo menerima keputusan itu karena TKI dalam karantina KBRI di Kuala Lumpur. Namun demikian Perindo akan tetap membantu TKI yang kesulitan pulang ke Tanah Air yang berada di luar jangkauan KBRI.

Melalui Partai Perindo Malaysia, Hary Tanoesoedibjo selaku Ketua Umum Partai Perindo telah meminta Ketua DPLN Malaysia untuk membantu pemulangan TKI lainnya yang berada di luar jangkauan KBRI.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6338 seconds (0.1#10.140)