KPK Gandeng Pom TNI Periksa Suami Inneke Koesherawati

Jum'at, 30 Desember 2016 - 05:59 WIB
KPK Gandeng Pom TNI...
KPK Gandeng Pom TNI Periksa Suami Inneke Koesherawati
A A A
JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkolaborasi dengan Polisi Militer (Pom) TNI untuk menyelidiki dugaan keterlibatan oknum perwira TNI, dalam dugaan suap proyek pengadaan di Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Kolaborasi antara KPK dan Pom TNI itu tampak dalam pemeriksaan Fahmi Darmawansyah, bos PT Melati Technofo Indonesia (MTI) yang kini telah berstatus tersangka.

"Ada tiga penyidik (dari Pom TNI ikut periksa)," kata Fahmi usai diperiksa di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, kemarin.

Dalam pemeriksaan yang berlangsung sekitar lima jam itu, istri artis Inneke koesherawati ini dicecar sejumlah pertanyaan. Di antaranya terkait Direktur Data dan Informasi Bakamla, Laksamana Pertama TNI Bambang Udoyo.

Fahmi mengaku, tidak mengenal sosok Bambang yang menjabat sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam proyek pengadaan satelit monitor di Bakamla. "Ya (sempat ditanya soal Bambang Udoyo). Saya enggak kenal," ucap Fahmi.

Fahmi telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap proyek pengadaan satelit pemantauan di Bakamla. Bersama dua karyawan PT Melati Technofo Indonesia (MTI) yaitu Hardy Stefanus dan Muhammad Adami Okta, Fahmi diduga memberi suap sebesar Rp2 miliar.

Uang suap itu diberikan kepada Eko Susilo Hadi selaku Deputi Informasi Hukum dan Kerja Sama Bakamla. Dalam proyek bernilai Rp220 miliar ini, Eko menjabat sebagai kuasa pengguna anggaran. Suap diberikan agar PT MTI menjadi pemenang tender proyek tersebut.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5978 seconds (0.1#10.140)