Pemerintah Tak Percaya Indonesia Diserbu Pekerja Asing Ilegal

Sabtu, 24 Desember 2016 - 12:56 WIB
Pemerintah Tak Percaya Indonesia Diserbu Pekerja Asing Ilegal
Pemerintah Tak Percaya Indonesia Diserbu Pekerja Asing Ilegal
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengklaim sudah memperketat masuknya pekerja asing ilegal. Bahkan pemerintah memastikan warga negara asing yang masuk Indonesia sudah teridentifikasi.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Ronny F Sompie menantang dibuktikan adanya yang menyebutkan Indonesia diserbu pekerja asing. Menurutnya warga negara asing yang masuk sudah melalui proses seleksi.

"Apa benar terbukti adanya penyerbuan tenaga kerja asing ke Indonesia?" ujar Ronny dalam diskusi Polemik SINDOtrijaya bertajuk Di Balik Serbuan Warga Asing di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12/2016).

Pendapat yang sama juga disampaikan Plt Dirjen Binwasnaker Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Maruli Ampul Hasoloan. Dirinya tidak yakin pekerja asing ilegal masuk Indonesia.

"Tidak bisa sembarangan orang masuk ke Indonesia mau bekerja. Orang izin dulu, baru masuk," ucap Maruli. (Baca: Kebijakan Bebas Visa Berujung Banjirnya Pekerja Asal China)

Namun dia berjanji akan merazia sejumlah perusahaan yang dicurigai mempekerjakan warga asing ilegal. Dia menerangkan, razia akan melibatkan imigrasi dan kepolisian.

"Orang bekerja tidak seusai izin akan kita tindak," tegasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7139 seconds (0.1#10.140)