Jateng Jadi Pilot Project Program Ternak Kambing GRIND Perindo

Rabu, 21 Desember 2016 - 00:15 WIB
Jateng Jadi Pilot Project Program Ternak Kambing GRIND Perindo
Jateng Jadi Pilot Project Program Ternak Kambing GRIND Perindo
A A A
PATI - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjadi wilayah percontohan program bantuan hewan ternak kambing oleh DPP Garda Rajawali Perindo (GRIND). Wilayah ini dipilih lantaran yang paling siap dalam penyediaan pakan ternak.

“Program ternak kambing akan dilakukan pertama kali di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Pati, Rembang dan Blora,” kata Ketua Umum GRIND Kuntum Khairu Basa saat dihubungi, Selasa (20/12/2016).

Dia mengatakan, dipilihnya Provinsi Jateng sebagai pilot project lantaran pakan ternak bagi kambing cukup mudah didapatkan. Masyarakat bisa mendapat pakan tersebut di sawah, ladang hingga kebun.

Untuk program percontohan yang digelar di tiga kabupaten, pihaknya akan membagikan sebanyak 150 ekor kambing. Dengan rincian, satu kabupaten untuk 25 pasang kambing produktif yang dapat menghasilkan keturunan.

Selain memberikan kambing, pihaknya menyediakan penyuluh dari kelompok kerja (Pokja) yang bertugas untuk membina serta mengevaluasi hasil ternak kambing yang dilakukan oleh masyarakat.

“Termasuk memeriksa kesehatan hewan ternak dan mengatur sistem bagi hasil dari anakan kambing,” terangnya.

Kuntum menjelaskan, dalam program hewan ternak kambing menganut sistem pembagian ganjil genap. “Anakan pertama atau ganjil akan milik masyarakat, sedangkan anakan kedua atau genap milik Perindo untuk dibagikan lagi kepada orang lain,” terangnya.

Lanjutnya, program ini akan terus berkelanjutan di berbagai wilayah lain seperti di Jawa Timur dan Jawa Barat. Dengan begitu, ekonomi masyarakat di berbagai daerah akan meningkat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7703 seconds (0.1#10.140)