Membangun Indonesia Membutuhkan Master Plan

Senin, 19 Desember 2016 - 23:53 WIB
Membangun Indonesia Membutuhkan Master Plan
Membangun Indonesia Membutuhkan Master Plan
A A A
JAKARTA - Membangun Indonesia membutuhkan perencanaan yang mencakup pembangunan seluruh daerah. Dengan begitu pembangunan tertata dan merata.

"Membangun Indonesia membutuhkan master plan, zonasi kekuatan ekonomi, antar daerah saling mengisi," kata Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) saat berdialog dengan alumni Lemhanas dan Jaringan Tionghoa Muda (JTM) di MNC Tower, Jakarta, Senin (19/12).

Dengan perencanaan tersebut masing-masing daerah akan fokus untuk mengembangkan potensinya.

Saat ini, lanjutnya, pembangunan hanya terkonsentrasi di kota besar. Akibatnya ketimpangan terjadi, kesejahteraan masyarakat di kota-kota besar jauh lebih tinggi dibandingkan di daerah-daerah.

Lapangan pekerjaan juga terpusat di kota besar. Tanpa perubahan, Indonesia dinilainya akan sulit menjadi negara maju.

Dia mengungkapkan, pembangunan harus diarahkan ke daerah-daerah yang belum terbangun, sehingga pemerataan terjadi, kesenjangan teratasi. Untuk memajukan daerah, masyarakatnya harus dimajukan.

"Masyarakat daerah harus diberikan keistimewaan seperti dana murah, pendidikan, proteksi, regulasi agar lebih cepat maju," ungkap pria yang telah memberi kuliah umum di lebih 150 perguruan tinggi tersebut.

Selama perjalanannya membangun Partai Perindo, melantik hingga lebih dari 19.000 DPRt Partai Perindo se-Indonesia ke daerah-daerah dia melihat masih banyak daerah tertinggal.

Dengan membangun daerah diyakininya akan memperbanyak penopang perekonomian Indonesia. Sehingga ekonomi nasional bisa lebih cepat maju.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6544 seconds (0.1#10.140)