Lantik Jonan dan Arcandra, Jokowi Ciptakan Matahari Kembar di ESDM

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 12:46 WIB
Lantik Jonan dan Arcandra, Jokowi Ciptakan Matahari Kembar di ESDM
Lantik Jonan dan Arcandra, Jokowi Ciptakan Matahari Kembar di ESDM
A A A
JAKARTA - Pengangkatan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendampingi Ignasius Jonan selaku Menteri ESDM dinilai berpotensi memunculkan matahari kembar di internal kementerian tersebut. Apalagi, ada kecenderungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan tenaga Arcandra Tahar untuk mengurus sektor ESDM.

Direktur Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, kecenderungan itu tampak saat Arcandra Tahar sempat diangkat menjadi Menteri ESDM. Namun terkendala akibat persoalan status kewarganegaraan ganda.

"Kalau Arcandra merasa lebih dibutuhkan, (Arcandra) bisa saja punya gagasan bahwa dia memiliki posisi tawar lebih tinggi daripada menteri," ujar Fabby dalam sebuah acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10/2016).

Kondisi ini, kata dia Arcandra Tahar bisa merasa lebih dibutuhkan oleh Jokowi. Akibatnya, Arcandra Tahar bisa saja mengambil keputusan di luar batas kewenangannya.

"Kita khawatir kalau Wamen merasa sebagai menteri, bisa buat keputusan dan akses langsung kepada presiden. Ini kemudian menciptakan matahari kembar dalam hal ini Pak Jonan tidak akan efektif kerjanya," ucapnya.

Maka itu dirinya mengimbau kepada Menteri ESDM agar memberikan batas-batas tugas dan wewenang yang melekat kepada Arcandra Tahar. (Baca: Usai Dilantik, Jonan dan Arcandra Dapat Ucapan Selamat)

Sementara itu, Fabby juga berharap presiden bisa konsisten pada pilihannya dengan menunjuk Jonan sebagai pembantu di Kabinet Kerja. "Pak Jokowi harus konsisten dengan pilihannya. Tidak lebih senang bicara dengan Arcandra Tahar ketimbang Jonan," katanya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5259 seconds (0.1#10.140)