Ketua MA Tak Hadir, Pelantikan Ketua DPD Terpilih Batal

Selasa, 11 Oktober 2016 - 23:02 WIB
Ketua MA Tak Hadir, Pelantikan Ketua DPD Terpilih Batal
Ketua MA Tak Hadir, Pelantikan Ketua DPD Terpilih Batal
A A A
JAKARTA - Kendati terpilih dalam Rapat Paripurna Luar Biasa, Mohammad Saleh belum dapat dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pasalnya, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali tidak hadir di Gedung DPD. Dengan demikian, Hatta tidak bisa melantik Saleh.

"Malam ini sepertinya enggak akan (pelantikan). Kami tidak tahu tapi yang jelas beliau (Hatta) membatalkan, Jadi enggak jadi malam ini," ujar Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Menurut dia, Hatta ingin terlebih dahulu mendapatkan kepastian mengenai berbagai berkaitan dengan proses pemilihan Ketua DPD baru.

Dia mengatakan, mungkin saja Hatta menunggu perkembangan hukum sehingga mengurunkan niatnya untuk melakukan pelantikan, termasuk dari kuasa hukum Ketua DPD sebelumnya, Irman Gusman.

Farouk menjelaskan, saat ini DPD dipimpin oleh dirinya dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas sebagai Wakil Ketua DPD. "Pak Saleh masih status ketua terpilih, belum definitif," ujarnya.

Setelah mengumumkan terpilihnya Saleh, pimpinan Rapat Paripurna Luar Biasa Maimanah Umar menskors sidang dan meminta Sekretaris Jenderal berkomunikasi dengan Ketua MA.

Sekretaris Jenderal DPD Sudarsono Hardjosoekarto mengaku diminta untuk datang ke MA, besok. Hal itu didasarkan atas komunikasi terakhirnya dengan Hatta. "Saya tidak tahu kenapa, tapi tadi sudah siap-siap, sudah ada stafnya juga," ujarnya.

Seperti diketahui, Irman Gusman telah menggugat putusan pemberhentiannya oleh Badan Kehormatan DPD ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Baca juga: Pengacara Irman Gusman Gugat BK DPD ke PN Jaksel)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5013 seconds (0.1#10.140)